PENGARUH MEDIA INFOGRAFIS TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA POKOK BAHASAN PERISTIWA PROKLAMASI DI KELAS XI MIPA 2 SMA NEGERI 2 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2021/ 2022

Basari, Japar Abdul (2022) PENGARUH MEDIA INFOGRAFIS TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA POKOK BAHASAN PERISTIWA PROKLAMASI DI KELAS XI MIPA 2 SMA NEGERI 2 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2021/ 2022. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (49kB)
[img] Text
6. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf

Download (37kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (163kB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR, UCAPAN TERIMAKASIH, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (122kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (110kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (145kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (266kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (36kB)

Abstract

ABSTRAK JAPAR ABDUL BASARI. 182171073. PENGARUH MEDIA INFOGRAFIS TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA POKOK BAHASAN PERISTIWA PROKLAMASI DIKELAS XI MIPA 2 SMA NEGERI 2 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2021/ 2022. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Infografis terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah Indonesia pokok bahasan Peristiwa Proklamasi dikelas XI MIPA 2 SMA Negeri 2 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2021-2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitaif dengan metode Eksperimen. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah True-Experimental Design dengan jenis Posttest Only Control Design. Adapun populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2021-2022 dengan jumlah 295 peserta didik, yang dijadikan sampel adalah kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 38 peserta didik dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 38 peserta didik. Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh media Infografis terhadap minat belajar yang ditunjukan dengan adanya perbedaan rata-rata nilai posttest peserta didik. Perbedaan tersebut dilihat dari perolehan rata-rata skor posttest kelas Eksperimen yang menggunakan media pembelajaran infografis dan kelas Kontrol yang tidak menggunakan media pembelajaran infografis. Perolehan rata-rata skor kelas eksperimen sebesar 48,72 Dan perolehan rata-rata skor kelas kontrol sebesar 42,86 Data tersebut mendukung bahwa penelitian yang dilakukan peneliti berhasil dibuktikan berdasarkan Uji Independent Sample T Test, yaitu nilai Sig.(2tailed) 0,00 < 0.05. Maka, Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh media pembelajaran infografis terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah Indonesia pokok bahasan peristiwa proklamasi kemerdekaan di kelas XI MIPA 2 SMAN 2 Tasikkmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2021/ 2022. Kata Kunci: Media, Minat Belajar, Infografis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 08 Dec 2022 06:05
Last Modified: 08 Dec 2022 06:05
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7593

Actions (login required)

View Item View Item