Basari, Japar Abdul (2022) PENGARUH MEDIA INFOGRAFIS TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA POKOK BAHASAN PERISTIWA PROKLAMASI DI KELAS XI MIPA 2 SMA NEGERI 2 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2021/ 2022. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (49kB) |
|
Text
6. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf Download (37kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (163kB) |
|
Text
7. KATA PENGANTAR, UCAPAN TERIMAKASIH, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (122kB) |
|
Text
8. BAB 1.pdf Download (110kB) |
|
Text
9. BAB 2.pdf Download (145kB) |
|
Text
10. BAB 3.pdf Download (266kB) |
|
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) |
|
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (36kB) |
Abstract
ABSTRAK JAPAR ABDUL BASARI. 182171073. PENGARUH MEDIA INFOGRAFIS TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA POKOK BAHASAN PERISTIWA PROKLAMASI DIKELAS XI MIPA 2 SMA NEGERI 2 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2021/ 2022. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Infografis terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah Indonesia pokok bahasan Peristiwa Proklamasi dikelas XI MIPA 2 SMA Negeri 2 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2021-2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitaif dengan metode Eksperimen. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah True-Experimental Design dengan jenis Posttest Only Control Design. Adapun populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2021-2022 dengan jumlah 295 peserta didik, yang dijadikan sampel adalah kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 38 peserta didik dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 38 peserta didik. Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh media Infografis terhadap minat belajar yang ditunjukan dengan adanya perbedaan rata-rata nilai posttest peserta didik. Perbedaan tersebut dilihat dari perolehan rata-rata skor posttest kelas Eksperimen yang menggunakan media pembelajaran infografis dan kelas Kontrol yang tidak menggunakan media pembelajaran infografis. Perolehan rata-rata skor kelas eksperimen sebesar 48,72 Dan perolehan rata-rata skor kelas kontrol sebesar 42,86 Data tersebut mendukung bahwa penelitian yang dilakukan peneliti berhasil dibuktikan berdasarkan Uji Independent Sample T Test, yaitu nilai Sig.(2tailed) 0,00 < 0.05. Maka, Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh media pembelajaran infografis terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah Indonesia pokok bahasan peristiwa proklamasi kemerdekaan di kelas XI MIPA 2 SMAN 2 Tasikkmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2021/ 2022. Kata Kunci: Media, Minat Belajar, Infografis
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 08 Dec 2022 06:05 |
Last Modified: | 08 Dec 2022 06:05 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7593 |
Actions (login required)
View Item |