PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH (Studi Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Singaparna Tahun Ajaran 2021/2022)

JUBAEDAH, ADE SITI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH (Studi Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Singaparna Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1-COVER.pdf

Download (25kB)
[img] Text
3-LEMBAR-LEMBAR.pdf

Download (512kB)
[img] Text
2-LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (756kB)
[img] Text
4-BAB 1.pdf

Download (345kB)
[img] Text
5-BAB 2.pdf

Download (707kB)
[img] Text
6-BAB 3.pdf

Download (913kB)
[img] Text
7-BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (547kB)
[img] Text
8-BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] Text
9-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)

Abstract

ABSTRAK ADE SITI JUBAEDAH. 2022. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH (STUDI KUASI EKSPERIMEN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SINGAPARNA TAHUN AJARAN 2021/2022). Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Di bawah bimbingan Ai Nur Solihat, S. Pd., M. Pd., dan Astri Srigustini, S. Pd., M. Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SMAN 2 Singaparna yaitu masih banyaknya peserta didik kemampuan pemecahan masalahnya rendah, akibat covid-19 sehingga pembelajaran dilakukan secara daring dan guru sulit menerapkan model pembelajaran. Hal ini dibuktikan dari hasil pra penelitian yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi. Metode yang digunakan adalah Kuasi Eksperimen bentuk The Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan 3 kali pertemuan yang didalamnya terdapat Pretest-Posttest untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan model Problem Based Learning dan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dimana penentuan sampel dengan pertimbangan dan kelas yang dipilih adalah XI IPS 2 dan XI IPS 3 terdiri dari 71 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dilihat dari rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 86,40 dan nilai N-Gain sebesar 0,75 sedangkan kelas kontrol sebesar 78,13 dan nilai N-Gain sebesar 0,59. Berdasarkan perhitungan SPSS.versi.23. nilai Sig.2-tailed adalah 0,000 < 0,05. Keefektifan model Problem Based Learning dari perhitungan effect size diperoleh 0,919 atau 91,9% masuk kategori tinggi. Kata Kunci : Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 07 Dec 2022 02:26
Last Modified: 07 Dec 2022 02:26
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7562

Actions (login required)

View Item View Item