PEMASARAN JAGUNG MANIS (Zea Mays Saccharata Sturt)

MULYANI, IRNA (2022) PEMASARAN JAGUNG MANIS (Zea Mays Saccharata Sturt). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (117kB)
[img] Text
3. PENGESAHAN.pdf

Download (84kB)
[img] Text
2. PERNYATAAN.pdf

Download (171kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (210kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (199kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (225kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (210kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (270kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (478kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] Text
12. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)
[img] Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)

Abstract

ABSTRAK PEMASARAN JAGUNG MANIS (Zea Mays Saccharata Sturt) Oleh Irna Mulyani 185009107 Pembimbing: Rina Nuryati Tedi Hartoyo Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran dan fungsi pemasaran, menganalisis biaya, keuntungan, dan margin pemasaran serta farmer share pada pemasaran jagung manis dari Desa Rajadatu ke pasar Subuh Ciamis. Metode penelitian yang digunakan survei. Daerah penelitian ditentukan secara sengaja (purposive) yaitu Desa Rajadatu. Responden lembaga pemasaran ditentukan dengan menggunakan snowball sampling yaitu 3 orang pedagang pengumpul, 1 orang pedagang besar dan 6 orang pedagang pengecer. Penelitian dilakukan pada bulan februari – Agustus 2022. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat dua saluran pemasaran yaitu saluran I produsen pedagang pengumpul pedagang pengecer. saluran II produsen pedagang pengumpul pedagang besar pedagang pengecer. Pada saluran I semua lembaga pemasaran melakukan semua fungsi pertukaran, fungsi fisik yang dilakukan oleh pedagang pengumpul adalah fungsi pengangkutan sedangkan pedagang pengecer hanya melakukan penyimpanan, Fungsi penyediaan sarana yang dilakukan oleh pedagang pengumpul dan pedagang pengecer adalah fungsi pembiayaan, penanggungan resiko dan informasi pasar. Pada saluran II semua lembaga pemasaran melakukan fungsi pertukaran. Fungsi fisik yang dilakukan pedagang pengumpul adalah pengangkutan sedangkan pedagang pengecer hanya melakukan fungsi penyimpanan, pedagang besar melakukan kedua fungsi tersebut. Semua lembaga pemasaran melakukan fungsi penyediaan sarana yaitu fungsi pembiayaan, penanggungan risiko dan informasi pasar. Dari hasil penelitian ini diperoleh Biaya saluran I dan II sebesar Rp1.898,45/kg dan Rp2.677,50/kg. Keuntungan saluran I dan II sebesar Rp5.101,55/kg dan Rp4.522,50/kg. Margin pemasaran saluran I dan II sebesar Rp7.000/kg dan Rp7.200/kg serta farmer share saluran I dan II sebesar 30 persen dan 28 persen. Kata kunci: Pemasaran, Farmer Share, Jagung Manis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 06 Dec 2022 06:13
Last Modified: 06 Dec 2022 06:13
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7532

Actions (login required)

View Item View Item