PENGARUH PENILAIAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPERCAYAAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Survei di Marketplace Shopee)

Amalia, Fahira (2020) PENGARUH PENILAIAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPERCAYAAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Survei di Marketplace Shopee). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (297kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (246kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (245kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (250kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (606kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (635kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (829kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (331kB)

Abstract

ABSTRAK Fahira Amalia. 2020. Pengaruh Penilaian Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian dengan Kepercayaan Konsumen sebagai Variabel Intervening di Marketplace Shopee: Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi. Seiring dengan perkembangan zaman, bentuk dan model dalam sistem jual beli semakin bervariatif. Salah satunya yaitu transaksi jual beli yang menggunakan media utama internet secara elektronik disebut marketplace. Hal tersebut menarik minat masyarakat untuk melakukan kegiatan berbelanja online. Kepuasan dan ketidakpuasan yang di alami konsumen pada marketplace dapat dilihat dari penilaian konsumen dalam bentuk pemberian peringkat (rating) dan ulasan (review) dari konsumen. Dengan adanya peringkat (rating) dan ulasan (review) akan timbul kepercayaan konsumen, ketika konsumen membentuk kepercayaan terhadap suatu produk, maka keputusan pembelian akan terjadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penilaian konsumen terhadap keputuan pembelian melalui kepercayaan sebagai variabel intervening di marketplace Shopee. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Jumlah populasi sebanyak 130 konsumen marketplace Shopee dan sampel yang digunakan seluruh jumlah populasi yang ada. Dalam teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisis jalur (path analysis). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa: 1) Penilaian konsumen berpengaruh langsung terhadap kepercayaan konsumen di marketplace Shopee sebesar -0,100 atau -10%. 2) Penilaian konsumen berpengaruh langsung terhadap Keputusan pembelian di marketplace Shopee sebesar 0,064 atau 6,4%. 3) Kepercayaan konsumen berpengaruh langsung terhadap keputusan pembelian di marketplace Shopee sebesar 0,022 atau 2,2%. 4) Penilaian konsumen berpengaruh tidak langsung terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan konsumen di marketplace Shopee sebesar -0,002 atau -0,2%. 5) Pengaruh total variabel X, Y dan Z sebesar 0,062 atau 6,2% Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah kepercayaan konsumen (Z) mampu memediasi variabel penilaian konsumen (X) terhadap keputusan pembelian (Y) maka hipotesis diterima. Kata Kunci: Penilaian Konsumen, Kepercayaan Konsumen, Keputusan Pembelian, Marketplace

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 01 Dec 2022 07:07
Last Modified: 01 Dec 2022 07:07
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7504

Actions (login required)

View Item View Item