ANALISIS PERILAKU PEDAGANG DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI KASUS PADA PEDAGANG BUAH-BUAHAN PASAR CIKURUBUK)

Rahmatika, Alpi (2022) ANALISIS PERILAKU PEDAGANG DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI KASUS PADA PEDAGANG BUAH-BUAHAN PASAR CIKURUBUK). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (135kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (110kB)
[img] Text
ABSTRAK, ABSTRACT.pdf

Download (62kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (77kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (60kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK ALPI, 2022. Analisis perilaku pedagang dalam persfektif etika bisnis islam (studi kasus pada pedagang buah-buahan pasar cikurubuk). Program Study Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi. Pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk berjual berbagai kebutuhan pokok serta pembeli akan senantiasa membeli setiap kebutuhan yang diingankan. Dalam jual beli seharusnya terbuka dan jujur antara kedua belah pihak agar salah satu pihak tidak merasa rugi, masih ada transaksi jual beli yang dilakukan di pasar merugikan slah satu pihak karena tidak adanya kejujuran oleh karena itu sering terjadi penyimpangan dalam jual beli.faktor yang mempengaruhi hal tersebut karena ketidaktahuan atau ketidaksengajaan yang dilakukan oleh penjual. Sementara dalam kegiatan jual beli tidak boleh dilakukan sesuka hati katena dapat merugikan orang lain. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi etika bisnis Islam dalam transaksi jual beli pada pedagang buah-buahan pasar cikurubuk. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer hasil wawancara dengan pedagang buah�buahan dipasar cikurubuk dengan jumlah responden 10 pedagang buah-buhan. Untuk uji kredibilitas data dengan trianggulasi teknik. Yang di dapat dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian perilaku pedagang buah-buahan di pasar cikurubuk sebagian sudah menerapkan etika bisnis Islam terlihat dari prinsip tauhid, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab, kebenaran dan kejujuran. Oleh karena itu, pedagang buah-buahan dipasar cikurubuk sebagian sudah memahami etika bisnis Islam. Kata kunci : Etika Bisnis Islam, Perilaku pedagang, Pasar Cikurubuk

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 17 Nov 2022 08:10
Last Modified: 17 Nov 2022 08:10
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7426

Actions (login required)

View Item View Item