ANALISIS KEMAMPUAN STRUCTURE SENSE PESERTA DIDIK PADA MATERI ALJABAR DITINJAU DARI SELF-CONCEPT

RENALDI, RENALDI (2022) ANALISIS KEMAMPUAN STRUCTURE SENSE PESERTA DIDIK PADA MATERI ALJABAR DITINJAU DARI SELF-CONCEPT. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (82kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (57kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (184kB)
[img] Text
SURAT KETERANGAN REVISI.pdf

Download (124kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (123kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (123kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (509kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)

Abstract

ABSTRAK RENALDI. 2022. Analisis Kemampuan Structure Sense Peserta Didik pada Materi Aljabar Ditinjau dari Self-Concept. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan structure sense peserta didik pada materi aljabar ditinjau dari self-concept. Penelitian ini termasuk penelitiam kualitatif dengan metode eksploratif. Teknik pengumpulan data berupa soal tes kemampuan structure sense, angket self-concept dan wawancara. Subjek penelitian dipilih dari peserta didik kelas IX SMP IT Nurul Arif Salam yang berjumlah 23 peserta didik. Penentuan subjek berdasarkan hasil jawaban tes kemampuan structure sense yang memenuhi semua indikator, kemudian dikategorikan ke dalam self-concept tinggi, sedang, dan rendah. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa semua peserta didik yang dijadikan subjek (S7T, S4S & S22R ) memenuhi semua indikator structure sense . S7T menunjukan percaya pada kemampuan yang dimiliki dengan yakin mampu menyelesaikan soal dengan benar dan tepat memilih cara untuk menyelesaikan soal, gigih dalam mengerjakan, sama sekali tidak menunjukan keragu-raguan, dan dapat menjawab soal dengan benar dan tepat memilih cara untuk menyelesaikan soal. S4S dapat menjawab soal dengan benar, tetapi membutuhkan waktu lebih lama dalam pengerjaan soalnya. S4S menunjukan ketertarikan dan berminat dalam mengerjakan, menunjukan keseriusan untuk menyelesaikan permasalahan matematika, dapat menyelesaikan soal dengan tekun dan bersungguh-sungguh, kurang percaya diri dengan kemampuan dirinya dalam mengerjakan soal tersebut menunjukan keragu-raguan. S22R tidak dapat memanipulasi kembali struktur untuk menyelesaikan permasalahan. S22R dapat menjawab dengan benar tetapi mencari solusi dengan cara coba-coba, tidak melakukan memanipulasi struktur yang diketahui untuk mencari nilai variabel yang ingin dicari, tidak menunjukan kegigihan, tidak percaya akan kemampuan dirinya, berhasil dalam mengerjakan tugas matematikanya tetapi tidak yakin dengan hasil pengerjaannya. Kata kunci: Kemampuan Structure Sense, Aljabar, Self-Concept

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 17 Nov 2022 04:25
Last Modified: 17 Nov 2022 04:25
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7414

Actions (login required)

View Item View Item