PENGARUH PENGGUNAAN BIOGRAFI KI BAGUS RANGIN SEBAGAI BAHAN AJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA MATERI PERANG MELAWAN KOLONIALISME TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS XI MIPA 8 SMA NEGERI 3 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2021/2022

FAJRIYATI, LISA (2022) PENGARUH PENGGUNAAN BIOGRAFI KI BAGUS RANGIN SEBAGAI BAHAN AJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA MATERI PERANG MELAWAN KOLONIALISME TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS XI MIPA 8 SMA NEGERI 3 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2021/2022. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (26kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (165kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (149kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Lisa Fajriyati. 182171055. Pengaruh Penggunaan Biografi Ki Bagus Rangin Sebagai Bahan Ajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Materi Perang Melawan Kolonialisme Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Kelas XI MIPA 8 SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022. Jurusan Pendidikan Sejarah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan biografi KI Bagus Rangin terhadap motivasi belajar siswa materi perang melawan kolonialisme di kelas XI MIPA 8 SMA Negeri 3 Tasikmalaya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang mengenalnya peserta didik terhadap tokoh lokal dalam melawan kolonialisme dan kurangnya motivasi belajar peserta didik dalam mempelajari sejarah lokal di kelas XI MIPA 8 SMA Negeri 3 Tasikmalaya. Penelitian ini terdiri dari variabel bebas penggunaan biografi Ki Bagus Rangin dan variabel terikat motivasi belajar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain Penelitiannya True Experimental dengan rancangan Posttest-Only Control Design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan, bahwa, proses pembelajaran ini sama halnya dengan proses pembelajaran pada umumnya, yang membedakan adalah penggunaan bahan ajar dengan menggunakan biografi Ki Bagus Rangin dan proses pembelajaran cukup interaktif karena peserta didik mempelajari hal yang baru serta penggunaan biografi Ki Bagus Rangin di kelas XI MIPA 8 mampu menumbuhkan motivasi belajar siswa, terbukti pada kelas XI MIPA yang diberi perlakuan menggunakan biografi Ki Bagus Rangin mendapatkan nilai sebesar2160 dengan presentase 79.4% mendapat kategori baik, sedangkan pada kelas XI MIPA 7 tanpa diberi perlakuan mendapatkan nilai sebesar 1724 dengan presentase 67.4% mendapat kategori cukup baik. Dapat disimpulkan terdapat ada perbedaan rata-rata motivasi belajar. Pengaruh penggunaan biografi Ki Bagus Rangin terhadap motivasi belajar siswa pada kelas XI MIPA 8 berdasarkan uji hipotesis menggunakan t-test, nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 dan nilai thitung > ttabel sebesar 6.713 > 1.999, sehingga penggunaan biografi Ki Bagus Rangin berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Kata kunci: Biografi, Bahan Ajar, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 17 Nov 2022 03:40
Last Modified: 17 Nov 2022 03:40
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7408

Actions (login required)

View Item View Item