SUKMALIA, ANNISA NUR (2022) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS MA AN-NAJAH KABUPATEN BEKASI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 Cover dkk.pdf Download (1MB) |
|
Text
2 BAB 1 Skripsi.pdf Download (314kB) |
|
Text
3 BAB 2 Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (376kB) |
|
Text
4 BAB 3 Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (790kB) |
|
Text
5 BAB 4 Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) |
|
Text
6 BAB 5 Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) |
|
Text
7 Daftar Pustaka.pdf Download (302kB) |
|
Text
8 Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Annisa Nur Sukmalia. (2022). Skripsi. Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS MA An-Najah Kabupaten Bekasi. Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dibawah bimbingan Dr. Ade Rustiana., Drs., M.Si dan Gugum Gumilar., M.Pd Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya prestasi belajar Ekonomi yang dimiliki oleh siswa kelas XI IPS MA An-Najah, hal tersebut terlihat pada hasil PTS terdapat 18 siswa yang belum mencapai KKM. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar adalah kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru dan pengaruh kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi baik secara parsial atau simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif survei. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 siswa dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perhitungan regresi linear berganda menghasilkan persamaan Y = 0,039 + 0,817X1 – 2,391X2, 2) Kompetensi pedagogik berpengaruh terhadap prestasi belajar dengan nilai t hitung 7,084, 3) Kompetensi profesional berpengaruh terhadap prestasi belajar dengan nilai t hitung -4,025, 4) Kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru berpengaruh secara simultan terhadap prestasi belajar sebesar 83,7%. Simpulan dari penelitian ini adalah: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pada kompetensi pedagogik terhadap prestasi belajar, 2) Terdapat pengaruh negatif dan signifikan pada kompetensi profesional terhadap prestasi belajar, 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pada kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional terhadap prestasi belajar. Kata kunci: Kompetensi Pedagogik Guru, Kompetensi Profesional Guru, Prestasi Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 11 Nov 2022 08:57 |
Last Modified: | 11 Nov 2022 08:57 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7358 |
Actions (login required)
View Item |