PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI

DIINI, LUTFI AHABBA (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (83kB)
[img] Text
2. lembar pengesahan.pdf

Download (172kB)
[img] Text
3. surat keterangan sidang tahap 2.pdf

Download (237kB)
[img] Text
4. pernyataan keaslian.pdf

Download (159kB)
[img] Text
5. abstrak.pdf

Download (7kB)
[img] Text
6. kata pengantar.pdf

Download (82kB)
[img] Text
7. daftar isi.pdf

Download (39kB)
[img] Text
8. bab 1.pdf

Download (106kB)
[img] Text
9. bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)
[img] Text
10. bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Text
11. bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
13. daftar pustaka.pdf

Download (162kB)
[img] Text
14. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img] Text
15. riwayat hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)

Abstract

ABSTRAK LUTFI AHABBA DIINI. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Etnomatematika pada Materi Perbandingan Trigonometri. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran dan mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis etnomatematika pada materi perbandingan trigonometri. Produk hasil dari proses pengembangan ini berupa media pembelajaran berupa video animasi bahan ajar dan lembar kerja, link presensi, link pengumpulan lembar kerja, serta link soal evaluasi yang dihimpun dalam platform online yaitu linktree. Metode yang digunakan yaitu metode Research & Development (R&D) dengan model Analysis, Design, Development, Implementation & Evaluation (ADDIE). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan penyebaran angket. Instrumen penelitian menggunakan lembar penilaian kualitas media pembelajaran. Data penelitian ini bersumber dari tiga ahli materi, dua ahli media, dan dua observer. Produk dinilai dari kelayakan penggunaan media yang diukur berdasarkan kualitas isi tujuan, kualitas teknis, dan kualitas instruksional. Pada penilaian kualitas isi tujuan dan kualitas teknis, ahli materi dan ahli media menyatakan media pembelajaran masuk kategori sangat layak. Berdasarkan penilaian kualitas instruksional pada uji coba kepada peserta didik, media pembelajaran juga dinyatakan masuk pada kategori sangat layak, sehingga media pembelajaran dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran matematika di sekolah. Kata kunci: Media Pembelajaran Berbasis Etnomatematika, Perbandingan Trigonometri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 10 Nov 2022 08:45
Last Modified: 10 Nov 2022 08:45
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7329

Actions (login required)

View Item View Item