ANALISIS SALURAN DAN EFISIENSI PEMASARAN TEPUNG AREN PADA AGROINDUSTRI SUGIH RAHAYU

Ghenia, Ghenia (2022) ANALISIS SALURAN DAN EFISIENSI PEMASARAN TEPUNG AREN PADA AGROINDUSTRI SUGIH RAHAYU. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (22kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (239kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (284kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (159kB)
[img] Text
PRAKATA ,DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (115kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS SALURAN DAN EFISIENSI PEMASARAN TEPUNG AREN AGROINDUSTRI SUGIH RAHAYU Oleh : Ghenia 185009007 Pembimbing : Hendar Nuryaman Riantin Hikmah Widi Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi saluran pemasaran dan kegiatan fungsi pemasaran yang tidak dilakukan oleh setiap lembaga yang terlibat, menganalisis besar biaya, keuntungan, margin, distribusi margin dan farmer’s share pada setiap saluran, dan menganalisis efisiensi pemasaran tepung aren. Metode penelitian menggunakan survei. Daerah penelitian ditentukan secara purposive di Desa Cibahayu Kecamatan Kadipaten Kabupaten Tasikmalaya dilakukan pada bulan Januari 2022 hingga Agustus 2022. Responden ditentukan dengan menggunakan snowball sampling. Hasil penelitian menunjukan terdapat empat saluran pemasaran tepung aren, yaitu saluran pemasaran I : Produsen – Pedagang Pengumpul – Pedagang Besar – Konsumen, saluran pemasaran II : Produsen – Pedagang Pengumpul – Pedagang Besar – Pedagang Pengecer – Konsumen. Saluran pemasaran III : Produsen – Pedagang Besar – Pedagang Pengecer – Konsumen. Saluran pemasaran IV : Produsen – Pedagang Pengecer – Konsumen. Kegiatan fungsi pemasaran yang tidak dilakukan oleh lembaga pemasaran pada setiap saluran yaitu pengolahan dan sortasi. Biaya pemasaran terkecil yaitu pada saluran IV sebesar Rp555,6,-/kg. Keuntungan pemasaran tertinggi yaitu pada saluran II sebesar Rp1.786,1,-/kg. Margin pemasaran pada saluran I sebesar Rp2.000,-/kg, distribusi margin untuk biaya dan keuntungan pemasaran yaitu 29,9 persen dan 70,1 persen, margin pemasaran saluran II sebesar Rp2.400,-/kg, distribusi margin untuk biaya dan keuntungan pemasaran sebesar 25,6 persen dan 74,4 persen, margin pemasaran saluran III sebesar Rp2.000,-/kg, distirbusi margin untuk biaya dan keuntungan pemasaran yaitu 32,9 persen dan 67,1 persen, margin pemasaran saluran IV sebesar Rp2.000,-/kg, distribusi margin untuk biaya dan keuntungan pemasaran 27,8 persen dan 72,2 persen. Farmer’s share terbesar yaitu pada saluran III dan saluran IV sebesar 81,8 persen. Saluran pemasaran I, II, III, dan IV adalah saluran yang efisien. Kata kunci : Saluran pemasaran, Efisiensi pemasaran, Tepung aren.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 10 Nov 2022 08:38
Last Modified: 10 Nov 2022 08:38
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7297

Actions (login required)

View Item View Item