YUNITA, YUNITA (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) DENGAN MEMBUAT MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI HUKUM NEWTON (Eksperimen Pada Siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Taraju Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (16kB) |
|
Text
2. lembar pengesahan.pdf Download (312kB) |
|
Text
2. lembar pernyataan.pdf Download (329kB) |
|
Text
3. HALAMAN PRIBADI.pdf Download (53kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR - DAFTAR LAMPIRAN (2).pdf Download (44kB) |
|
Text
6. BAB 1.pdf Download (76kB) |
|
Text
7. BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) |
|
Text
8. BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
|
Text
9. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
|
Text
10. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (128kB) |
|
Text
12. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Yunita. 2022. PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY-TWO STRAY (TS-TS) DENGAN MEMBUAT MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI HUKUM NEWTON Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit karena memuat banyak sekali konsep dan rumus. Diperlukan sebuah model pembelajaran yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran fisika. Selain penggunaan model pembelajaran, sumber daya manusia juga dituntut untuk memiliki keseimbangan antara pengetahuan dan keterampilan, salah satu keterampilan yang dapat dimiliki yaitu keterampilan proses sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Two Stay Two Stray (TS-TS) dengan membuat mind mapping untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada materi Hukum Newton. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimental dengan bentuk non equivalent kontrol group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Taraju. Sampel penelitian terbagi menjadi dua, yaitu kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dengan menerapkam model pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) dengan membuat mind mapping, dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol dengan menerapkan model pembelajaran langsung dengan membuat mind mapping. Prosedur penelitian yang dilakukan antara lain metode tes dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu uji hipotesis yaitu uji t. Berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 7,8985 > 2,0017, sehingga dapat disimpulkan bahwa ini terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) dengan membuat mind mapping terhadap peningkatan keterampilan proses sains pada materi Hukum Newton di kelas X MIPA 4 SMA Negeri 1 Taraju. Kata kunci: Keterampilan Proses Sains, Mind mapping, Model Two Stay Two Stray (TS-TS).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 09 Nov 2022 03:10 |
Last Modified: | 09 Nov 2022 03:10 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7252 |
Actions (login required)
View Item |