PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Survey Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa XI IPS di SMA Negeri 1 Ciamis Tahun Ajaran 2020/2021)

RADISMAN, GESTI ALDEA (2022) PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Survey Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa XI IPS di SMA Negeri 1 Ciamis Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN GESTI.pdf

Download (42kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI DESTI.pdf

Download (41kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN GESTI.pdf

Download (47kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (213kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (152kB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (127kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (223kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
16. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)

Abstract

ABSTRAK Gesti Aldea Radisman. 2022. “Pengaruh Pendidikan Karakter dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar (Survey Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa XI IPS di SMA Negeri 1 Ciamis Tahun Ajaran 2020/2021)”. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Di bawah bimbingan Dra. Hj. Heti Suherti, M.M. dan Gugum Gumilar, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pendidikan karakter dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar. Metode penelitian ini menggunakan survey dengan desain survey eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini yaitu Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa XI IPS di SMA Negeri 1 Ciamis Tahun Ajaran 2020/2021 yang berjumlah 177 siswa. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu proportionate random sampling, sehingga sampel yang diambil total ialah sebanyak 123 siswa, yang dihitung menggunakan rumus Slovin . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan teknik uji hipotesis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil perhitungan hipotesis secara parsial (uji t), pengaruh pendidikan karakter terhadap prestasi belajar diperoleh nilai t hitung lebih besar dari t tabel ( 4,308 > 1,97993) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter berpengaruh terhadap prestasi belajar secara signifikan. 2) Hasil perhitungan hipotesis secara parsial (uji t), pengaruh pendidikan karakter terhadap prestasi belajar diperoleh nilai t hitung lebih besar dari t tabel ( 3,042 > 1,97993) dengan nilai signifikansi sebesar 0,003. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa disiplin belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar secara signifikan. 3) Hasil perhitungan hipotesis secara simultan (uji f), pengaruh pendidikan karakter terhadap prestasi belajar diperoleh nilai f hitung lebih besar dari t tabel (66,857 > 3,07) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter dan disiplin belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar secara signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pendidikan karakter dan disiplin belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Disiplin, Prestasi, Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 09 Nov 2022 02:04
Last Modified: 09 Nov 2022 02:04
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7242

Actions (login required)

View Item View Item