LESTARI, GINA (2022) ANALISIS KEMAMPUAN METAKOGNISI MATEMATIS DITINJAU DARI INTRAPERSONAL INTELLEGENCE. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (82kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (323kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (49kB) |
|
Text
SURAT KETERANGAN.pdf Download (134kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
|
Text
KATA PENGATAR.pdf Download (9kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (53kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (69kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (377kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (79kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK GINA LESTARI. 2022. Analisis Kemampuan Metakognisi Matematis Ditinjau dari Intrapersonal Intellegence. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan metakognisi matematis berdasarkan intrapersonal intellegence. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket intrapersonal intellegence, tes kemampuan metakognisi, dan wawancara tidak terstruktur. Subjek dalam penelitian ini berdasarkan angket intrapersonal intellegence yaitu tiga peserta didik dari setiap kategori tingkatan intrapersonal intellegence tinggi, sedang, dan rendah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Kemampuan metakognisi matematis SM-02 dengan kategori tingkat intrapersonal intellegence tinggi, memiliki kemampuan metakognisi yang baik pada tahap perencanaan, pemantauan, dan penilaian. Terlihat pada saat mengerjakan soal SM�02 mampu mengungkapkan pikiran dan pendapat dengan begitu jelas dan memiliki sikap percaya diri dan penilaian diri yang tinggi. Dengan kata lain, SM-02 pada kategori tingkat intrapersonal intellegence tinggi memiliki kemampuan metakognisi pada tingkat Reflective Use. (2) Kemampuan metakognisi matematis SM-17 dengan kategori tingkat intrapersonal intellegence sedang, memiliki kemampuan metakognisi yang baik pada tahap perencanaan dan pemantauan. Akan tetapi pada tahap penilaian memiliki kemampuan metakognisi yang lemah, terlihat pada saat mengerjakan soal SM-17 mampu mengungkapkan pikiran dan pendapatnya dengan kurang yakin dalam menjelaskan jawaban akhir yang diperoleh. Dengan kata lain, SM-17 pada kategori tingkat intrapersonal intellegence sedang memiliki kemampuan metakognisi pada tingkat Strategic Use. (3) Kemampuan metakognisi matematis SM-09 dengan kategori tingkat intrapersonal intellegence rendah, tidak memiliki kemampuan metakognisi yang baik pada tahap perencanaan, pemantauan, maupun penilaian. Terlihat pada saat mengerjakan soal SM-09 memiliki potensi diri yang rendah dimana terlihat subjek memiliki motivasi diri yang rendah dan memiliki sifat putus asa pada saat penyelesaian masalah. Dengan kata lain, SM-09 pada kategori tingkat intrapersonal intellegence rendah memiliki kemampuan metakognisi tingkat Tacit Use. Kata kunci: Kemampuan Metakognisi, Intrapersonal intellegence
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 03 Nov 2022 00:31 |
Last Modified: | 03 Nov 2022 00:31 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/7156 |
Actions (login required)
View Item |