RAHMA, SRI AULIA (2022) PENGARUH MEDIA MUSEUM PERUMUSAN NASKAH PROKLAMASI VIRTUAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH WAJIB MATERI PERSIAPAN PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA DI KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 1 SINGAPARNA TAHUN AJARAN 2021/2022. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover .pdf Download (166kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (582kB) |
|
Text
2.ABSTRAK.pdf Download (12kB) |
|
Text
3. Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar gambar, Daftar Lampiran.pdf Download (139kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (284kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (571kB) |
|
Text
7.BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (932kB) |
|
Text
8.BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
|
Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (265kB) |
Abstract
ABSTRAK Sri Aulia Rahma 2022. PENGARUH MEDIA MUSEUM PERUMUSAN NASKAH PROKLAMASI VIRTUAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH WAJIB MATERI PERSIAPAN PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA DI KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 1 SINGAPARNA TAHUN AJARAN 2021/2022. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi. Rendahnya minat belajar siswa terhadap mata pelajaran sejarah wajib dikelas XI IPS membuat guru harus bisa melakukan inovasi dalam pembelajaran salah satunya dengan penggunaan media museum perumusan naskah proklamasi yang diyakini bisa meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media museum perumusan naskah proklamasi virtual terhadap minat belajar siswa di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Singaparna pada mata pelajaran sejarah wajib materi persiapan kemerdekaan Indonesia tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian true eksperimen designs dengan bentuk penelitian yaitu Postest-only control design. Menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen (kelas yang mendapatkan treatment) yaitu kelas XI IPS 4 dan kelas kontrol (kelas yang tidak mendapatkan treatment ) yaitu kelas IX IPS 1. Penelitian ini menggunakan angket tertutup berjumlah 20 soal pernyataan dan observasi sebagai instrumen penelitian. Hasil analisis yang dilakukan peneliti pada data angket yang didapatkan yaitu pada kelas eksperimen mendapatkan nilai rata rata 69.64 sedangkan kelas kontrol mendapatkan rata rata 62.14. Hasil uji hipotesis yang didapat adalah sig (2tailed) 0,00 < 0,05 yang mana dapat disimpulkan ada perbedaan nilai rata-rata yang berarti terdepat pengaruh media museum perumusan naskah proklamasi virtual terhadap minat belajar siswa. Proses dalam pembelajaran ini menggunakan media ini terbukti sangat efektif digunakan karena pada saat pembelajaran siswa dituntut untuk mampu mencari informasi melalui penyusuran museum virtual. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media museum perumusan naskah proklamasi virtual terhadap minat belajar siswa di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Singaparna pada mata pelajaran sejarah wajib materi persiapan kemerdekaan Indonesia tahun ajaran 2021/2022. Kata Kunci : Minat Belajar, Media Museum perumusan naskah proklamasi virtual, Pembelajaran Sejarah
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 21 Oct 2022 06:42 |
Last Modified: | 21 Oct 2022 06:42 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6953 |
Actions (login required)
View Item |