DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SMK PADA MATERI BARISAN DAN DERET

RIYANTO, RIDWAN (2019) DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SMK PADA MATERI BARISAN DAN DERET. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Poin 1.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (168kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (71kB)

Abstract

ABSTRAK RIDWAN RIYANTO. 2019. Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMK pada Materi Barisan dan Deret. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendiagnosis kesulitan belajar matematika SMK pada materi barisan dan deret berdasarkan prosedur diagnosis kesulitan belajar menurut Abin Syamsuddin Makmun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes diagnostik kesulitan belajar dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes diagnostik kesulitan belajar dan pedoman wawancara. Sumber data dalam penelitian ini adalah seorang peserta didik kelas XI OTKP 3 SMK Negeri 1 Tasikmalaya. Data hasil penelitian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa (1) Identifikasi kasus kesulitan belajar dari subjek yang terpilih mendapatkan hasil belajar yang paling rendah dan belum memahami ruang lingkup materi barisan dan deret dengan baik. Faktor penyebab kesulitan belajar yang berasal dari dalam diri subjek mengalami beberapa substansi kelemahan secara mental, emosional, kebiasaan dan sikap yang salah serta tidak memiliki keterampilan dan pengetahuan yang tidak diperlukan. (3) Rekomendasi pelaksanaan pemecahan yang sesuai untuk membantu mengatasi kesulitan belajar yang dialami subjek adalah orangtua dan pendidik matematika Kata Kunci: Diagnosis Kesulitan Belajar, Identifikasi Kasus, Faktor Penyebab, Rekomendasi Pelaksanaan Pemecahan, Barisan dan Deret

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 05 Oct 2022 06:32
Last Modified: 05 Oct 2022 06:32
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6892

Actions (login required)

View Item View Item