PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK BERDASARKAN GENDER DI KELAS XII PADA SUB KONSEP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA TUMBUHAN (Studi Eksperimen di Kelas XII IPA SMA Terpadu Riyadul Ulum Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

Maryam, Siti (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK BERDASARKAN GENDER DI KELAS XII PADA SUB KONSEP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA TUMBUHAN (Studi Eksperimen di Kelas XII IPA SMA Terpadu Riyadul Ulum Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1.Cover.pdf

Download (36kB)
[img] Text
4. Abstrak.pdf

Download (74kB)
[img] Text
2. Lembar pengesahan.pdf

Download (126kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (155kB)
[img] Text
10.BAB I.pdf

Download (173kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (752kB)
[img] Text
14.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (162kB)

Abstract

Abstrak SITI MARYAM. 2020. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK BERDASARKAN GENDER DI KELAS XII PADA SUB KONSEP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA TUMBUHAN. (Studi Eksperimen di Kelas XII IPA SMA Terpadu Riyadul Ulum Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Skripsi . Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Menghadapi tantangan pendidikan abad 21 ini, pemerintah memperbaharui kurikulum sebelumnya menjadi Kurikulum 2013, yang menuntut peserta didik untuk aktif, inovatif serta kreatif. Hal ini berkaitan dengan sikap ilmiah yang dapat menghasilkan hasil belajar yang baik. Perbaikan terhadap hasil output belajar (khusus hasil belajar dan sikap ilmiah) dapat dilakukan melalui menggunakan model pembelajaran guided inquiry. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar peserta didik berdasarkan gender pada materi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan. Metode penelitan yang digunakan yaitu quasi experiment. Populasi pada penelitian adalah seluruh kelas XII IPA SMA Terpadu Riyadul Ulum Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020. Sampel diambil menggunakan metode purposive sampling yang berjumlah 4 kelas, yaitu 2 kelas laki-laki dan 2 kelas perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan tes sikap ilmiah dan hasil belajar peserta didik pada sub konsep pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan. Tes sikap ilmiah diukur dengan menggunakan kuisoner sebanyak 28 butir dan tes hasil belajar diukur dengan menggunakan soal pilihan majemuk sebanyak 21 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANCOVA. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa signifikasi secara simultan terdapat pada corrected model dengan nilai 0.2 ≥ 0,05 yang artinya terima Ho atau tidak ada pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar peserta didik berdasarkan gender pada sub konsep pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan. Gender yang terdapat pada tabel tersebut dijadikan covariat dalam pengujian yang memiliki nilai signifigasi 0,007 yang berarti gender memiliki pengaruh dalam model pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 03 Oct 2022 13:44
Last Modified: 03 Oct 2022 13:44
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6884

Actions (login required)

View Item View Item