ANALISIS KETERAMPILAN METAKOGNISI PESERTA DIDIK DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

RESTIANI, AMELIA (2021) ANALISIS KETERAMPILAN METAKOGNISI PESERTA DIDIK DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (82kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (6kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (168kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (516kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (735kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK AMELIA RESTIANI. 2021. ANALISIS KETERAMPILAN METAKOGNISI PESERTA DIDIK DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan metakognisi peserta didik dalam pemecahan masalah matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Subjek penelitian ini sebanyak 3 orang dari 13 orang peserta didik kelas XII MIPA 5 SMA Negeri 4 Tasikmalaya yang mengerjakan tes pemecahan masalah matematika. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa (a) Keterampilan metakognisi dalam memahami masalah ketiga subjek melakukan perencanaan dengan memprediksi cara, melakukan pemantauan dengan mengidentifikasi data, melakukan evaluasi dengan mengecek pengerjaannya. (b) Keterampilan metakognisi dalam menyusun rencana penyelesaian S2 melakukan perencanaan dengan memprediksi kemampuan dan memprediksi waktu, sedangkan S6 dan S8 tidak memprediksi waktu, S2 melakukan pemantauan karena pengerjaannya sesuai rencana dan menjelaskan kemungkinan, sedangkan S6 dan S8 tidak menjelaskan kemungkinan, ketiga subjek melakukan evaluasi dengan mengecek pengerjaannya. (c) Keterampilan metakognisi dalam melaksanakan rencana penyelesaian S2 melakukan perencanaan dengan memprediksi kemampuan dan memprediksi waktu, sedangkan S6 dan S8 tidak memprediksi kemampuan dan tidak memprediksi waktu, ketiga subjek melakukan pemantauan karena menunjukkan ketepatan penggunaan simbol/konsep/rumus, S2 melakukan evaluasi dengan mengecek pengerjaannya, sedangkan S6 dan S8 tidak melakukan pengecekan. (d) Keterampilan metakognisi dalam memeriksa kembali jawaban S2 melakukan perencanaan dengan memikirkan rencana dan memprediksi waktu sedangkan S6 dan S8 tidak memprediksi waktu, ketiga subjek melakukan pemantauan karena pengerjaannya sesuai rencana, ketiga subjek melakukan evaluasi dengan mengecek pengerjaannya. Kata kunci: Keterampilan Metakognisi, Pemecahan Masalah Matematika

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 15 Sep 2022 08:17
Last Modified: 15 Sep 2022 08:17
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6752

Actions (login required)

View Item View Item