KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI SELF ESTEEM

ABIANTI, MIANA DWI (2021) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI SELF ESTEEM. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (15kB)
[img] Text
Abstark.pdf

Download (7kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (574kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (101kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (98kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)

Abstract

ABSTRAK MIANA DWI ABIANTI. 2021. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik ditinjau dari Self Esteem (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMPN 14 Kota Tasikmalaya). Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik ditinjau dari self esteem. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek yang diambil adalah enam orang peserta didik yang terdiri dari laki-laki dan perempuan, yang terdapat pada salah satu kelas VIII di SMP Negeri 14 Tasikmalaya, dengan pengambilan subjek dilihat dari tinggi, sedang dan rendah self esteem peserta didik tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa pemberian soal tes dan wawancara semiterstruktur. Instrumen utama pada penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan insrumen bantuan lainnya seperti instrumen tes, angket dan pedoman wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah 1). Self Esteem tinggi, kedua subjek yaitu S12 dan S21 hanya mampu memenuhi dua sampai tiga indikator saja fluency (kelancaran), flexibility (kelenturan) dan elaboration (elaborasi) kedua nya belum mampu memenuhi keempat indikator yang ada. 2). Self Esteem sedang, kedua subjek yaitu S14 dan S22 hanya mampu memenuhi satu sampai dua indikator saja fluency (kelancaran), flexibility (kelenturan), kedua nya masih banyak melakukan kesalahaan dan kecerobohan dalam pengerjaannya. 3). Self Esteem rendah, kedua subjek yaitu S7 dan S10 juga hanya mampu memenuhi satu sampai dua indikator saja fluency (kelancaran) dan flexibility (kelenturan). Sehingga secara keseluruhan peserta didik hanya mampu memenuhi beberapa indikator berpikir kreatif matematis, yaitu kelancaran, kelenturan dan elaborasi. Dari semua subjek yang diteliti, belum ada yang mampu menguasai semua indikator yang terdapat pada kemampuan berpikir kreatif matematis. Hal tersebut, dapat dipengaruhi oleh self esteem masing-masing peserta didik, dapat pula dipengaruhi oleh faktor lain baik dari dalam diri peserta didik seperti minat, bakat dan kecerdasan maupun dari luar seperti lingkungan, sarana dan prasarana. Kata kunci: berpikir kreatif matematis, self esteem

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 09 Sep 2022 08:34
Last Modified: 09 Sep 2022 08:34
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6669

Actions (login required)

View Item View Item