PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN MENELAAH DAN MENYAJIKAN INFORMASI,DATA DALAM BENTUK TEKS EKSPLANASI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII MTs AL-Ma’sum Malausma Kabupaten Majalengka Tahun Ajaran 2020/2021)

Lidiasari, Cindy (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN MENELAAH DAN MENYAJIKAN INFORMASI,DATA DALAM BENTUK TEKS EKSPLANASI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII MTs AL-Ma’sum Malausma Kabupaten Majalengka Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (151kB)
[img] Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (203kB)
[img] Text
3.LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (98kB)
[img] Text
4.KATA PENGANTAR_DAFTAR ISI_DAFTAR TABEL.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)

Abstract

ABSTRAK Cindy Lidiasari. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Kemampuan Menelaah dan Menyajikan Informasi, Data dalam Bentuk Teks Eksplanasi (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII MTs AL-Ma’sum Malausma Kabupaten Majalengka Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Berdasarkan observasi awal pada peserta didik kelas VIII MTs Al-Ma’sum Malausma, diketahui pembelajaran yang dilakukan ialah menggunakan model pembelajaran konvensional. Model pembelajaran konvensional masih kurang sesuai dengan karakteristik peserta didik sehingga sulit diterima oleh peserta didik yang kurang serius dalam mengikuti proses pembelajaran, hal ini menyebabkan masih rendahnya hasil belajar pada peserta didik. Oleh karena itu, dalam mengatasi permasalahan tersebut, penulis merasa tertarik dan melakukan penelitian dengan menguji cobakan model pembelajaran yang belum pernah digunakan yakni dengan model pembelajaran mind mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesignifikanan pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan menelaah dan menyajikan informasi, data dalam bentuk teks ekplanasi pada peserta didik kelas VIII MTs AlMa’sum Malausma tahun ajaran 2020/2021. Penulis melakukan penelitian menggunakan metode penelitian eksperimen dengan teknik observasi, wawancara dan tes. Penelitian yang penulis lakukan ialah dengan membandingkan dua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan pengolahan data dengan menggunakan uji statistik ternyata hipotesis diterima. Hasil perhitungan Chi Kuadrat, kedua data dari hasil akhir atau postest antara kelas kontrol dan kelas eksperimen berdistribusi tidak normal. Maka, untuk menguji beda kedua data tersebut penulis menggunakan uji wilcoxon. Data hasil membandingkan ternyata diketahui nilai W hitung (0) < W tabel (59,85). Sesuai dengan data yang telah diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran mind mapping berpengaruh secara signifikan dalam pembelajaran menelaah dan menyajikan informasi, data dalam bentuk teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII MTs AL-Ma’sum Malausma Kabupaten Majalengka Tahun Ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 09 Sep 2022 08:31
Last Modified: 09 Sep 2022 08:31
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6625

Actions (login required)

View Item View Item