PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN DATA,GAGASAN,KESAN,DALAM BENTUK TEKS DESKRIPSI OBJEK MELALUIMODELPEMBELAJARANPROBLEMBASEDLEARNING (PenelitianTindakanKelaspadaSiswaKelasVIIMTsPersisSindangkasih TahunAjaran2018/2019)

Kartika, Maya Indah (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN DATA,GAGASAN,KESAN,DALAM BENTUK TEKS DESKRIPSI OBJEK MELALUIMODELPEMBELAJARANPROBLEMBASEDLEARNING (PenelitianTindakanKelaspadaSiswaKelasVIIMTsPersisSindangkasih TahunAjaran2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI PRINT (1)-1.pdf

Download (130kB)
[img] Text
SKRIPSI PRINT (1)-4.pdf

Download (152kB)
[img] Text
SKRIPSI PRINT (1)-2.pdf

Download (117kB)
[img] Text
SKRIPSI PRINT (1)-3.pdf

Download (117kB)
[img] Text
SKRIPSI PRINT (1)-5-12.pdf

Download (144kB)
[img] Text
SKRIPSI PRINT (1)-13-21 bab 1.pdf

Download (151kB)
[img] Text
SKRIPSI PRINT (1)-22-50.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] Text
SKRIPSI PRINT (1)-51-153.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] Text
SKRIPSI PRINT (1)-154-219.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] Text
SKRIPSI PRINT (1)-220-221.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)

Abstract

ABSTRAK Maya Indah Kartika. 2020. Peningkatan Kemampuan Menelaah Struktur dab Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learrning (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII MTsPersis Sindangkasih Tahun Ajaran 2018/2019). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.UniversitasSiliwangi. Salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VII MTs Persis Sindangkasih berdasarkan kurikulum 2013 edisi revisi adalah menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serrta menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi objek. Meskipun demikian, masih banyak peserta didik kelas VII MTs Persis Sindangkasih tahun ajaran 2018/2019 yang belum mampu menelaah strukturr dan kaidah kebahasaan serta menyajikan data, gagasan, dan kesan dalam bentuk teks desksripsiobjekdenganbenar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran problem based learning meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan data, gagasan dan kesan dalam bentuk teks deskripsi objek pada peserta didik kelas VII MTs Persis Sindangkasih tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu metodepenelitian tidakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu teknik observasi, teknik wawancara, teknik tes, dan teknik dokumen dengan sumber data penelitian yaitu guru bahasa Indonesia dan peserta didik. Berdasarkan hasil pengolahan data terdapat peningkatan proses dan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Pada proses belajar siklus I aspek pengetahuan, terdapat 2 peserta didik (10%) yang tidak bersungguh-sungguh dalam pembelajaran,7 peserta didik(35%)yang tidak bekerjasama,8 peserta didik(40%) yangtidakaktif, dan 1 peserta didik (5%) yang tidak jujur. Pada proses belajar siklus I aspek keterampilan terdapat 2 peserta didik (10%) yang tidak bersungguh-sungguh, 5 peserta didik (25%) yang tidak bekerja sama, 8 peserta didik (40%) yang tidak aktif, dan1pesertadidik(5%)yangtidakjujur. Hasil belajar pada siklus I aspek pengetahuan terdapat 13 peserta didik (65%) yang mencapai KKM dan 7 peserta didik (35%) yang belum mencapai KKM. Pada siklusIaspek keterampilan terdapat 13 peserta didik (65%)yang mencapai KKMdan 7 peserta didik (35%) yang belum mencapai KKM. Pada siklus II seluruh peserta didik (100%) sudah mencapai KKM baik dalam aspek pengetahuan maupun keterampilan. Data di atas menunjukkan bahwa hipotesis tindakan penelitian terbukti dan dapat diterima. Artinya, model pembelajaran prorblem based learrning dapat meningkatkan kemampuan menelaah strukturr dan kaidah kebahasaan serta menyajikan data, gagasa, kesan dalam bentuk teks deskripsi pada peserta didik kelas VIIMTsPersisSindangkasihtahunajaran2018/2019.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 09 Sep 2022 08:28
Last Modified: 09 Sep 2022 08:28
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6596

Actions (login required)

View Item View Item