TEACHER’S IMPLEMENTATION OF COMMUNICATIVE LANGUAGE TEACHING (CLT) IN TEACHING SPOKEN LANGUAGE AT SECONDARY SCHOOL

AZIZAH, SHOFIAH NUR (2022) TEACHER’S IMPLEMENTATION OF COMMUNICATIVE LANGUAGE TEACHING (CLT) IN TEACHING SPOKEN LANGUAGE AT SECONDARY SCHOOL. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (152kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (138kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (174kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (152kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)

Abstract

ABSTRAK SHOFIAH NUR AZIZAH 2022. Teacher’s Implementation of Communicative Language Teaching (CLT) in Teaching Spoken Language at Secondary School. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Saat ini Bahasa Inggris dianggap sebagai bahasa yang penting untuk dikuasai, terutama pada kemampuan komunikatif. Salah satu dari banyak pendekatan yang membantu siswa menguasai Bahasa Inggris adalah Communicative Language Teaching (CLT). CLT telah diakui sebagai pendekatan yang paling umum untuk mempromosikan kemampuan komunikatif. Apalagi CLT telah diterapkan oleh banyak negara English as a Foreign Language (EFL) termasuk di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi CLT yang dilakukan oleh seorang guru EFL dalam pengajaran bahasa lisan di sekolah menengah pertama. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan studi kasus deskriptif sebagai desain penelitian. Partisipan penelitian ini adalah seorang guru EFL yang menerapkan CLT dalam pengajaran bahasa lisan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi terstruktur, observasi kelas, dan analisis dokumen. Adapun, hasil pengumpulan data dianalisis dengan menggunakan Analisis Data Kualitatif dari Miles, Huberman, dan Saldaña (2014). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi CLT telah dilakukan oleh seorang guru EFL melalui tiga komponen. Komponen-komponen tersebut terlihat dari cara guru dalam menentukan materi seperti dengan menggunakan materi otentik, mengajarkan apa dan bagaimana cara melafalkan kata, mengajar tata bahasa dan kosa kata, memperdengarkan komunikasi yang otentik; menjadi fasilitator dalam kegiatan belajar mengajar seperti lebih kreatif dalam menciptakan pemahaman peserta didik, memberikan stimulus, menjadi pengorganisasi; dan mengaplikasikan strategi pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar seperti fokus pada kompetensi komunikatif, menekankan proses komunikatif daripada struktur bahasa, menggunakan tata bahasa, menggunakan permainan, memperbolehkan peserta didik untuk mengekspresikan ide dan pendapat mereka, mengabaikan kesalahan peserta didik, mendorong interaksi komunikasi, menciptakan kegiatan sosial, dan menggunakan struktur bahasa yang baik dan benar di kelas. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan CLT dapat memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan keterampilan kompetensi komunikatif. Kata Kunci: Communicative Language Teaching (CLT), Bahasa Lisan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 09 Sep 2022 08:28
Last Modified: 09 Sep 2022 08:28
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6591

Actions (login required)

View Item View Item