Pedagogical Challenges Faced by A Junior High School Pre-service Teacher and Their Impacts on Her Beliefs: A Case Study of Indonesian Context

Pahlawan, Rizal Gibrani (2021) Pedagogical Challenges Faced by A Junior High School Pre-service Teacher and Their Impacts on Her Beliefs: A Case Study of Indonesian Context. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1-COVER.pdf

Download (97kB)
[img] Text
5-ABSTRAK.pdf

Download (82kB)
[img] Text
2-LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (63kB)
[img] Text
9-TABLE OF CONTENT.pdf

Download (58kB)
[img] Text
11-CHAPTER 1.pdf

Download (98kB)
[img] Text
12-CHAPTER 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] Text
13-CHAPTER 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] Text
14-CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Text
15-CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] Text
16-REFERENCES.pdf

Download (167kB)

Abstract

ABSTRAK RIZAL GIBRANI PAHLAWAN, 2021. “Tantangan Pedagogis yang Dihadapi Calon Guru SMP dan Dampaknya Terhadap Keyakinan Mengajar Seorang Calon Guru: Konteks Studi Kasus Indonesia”. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi tantangan mengajar yang dihadapi oleh seorang calon guru dan dampaknya terhadap keyakinanya tentang mengajar. Penelitian ini menggunakan buku harian sebagai data dari seorang partisipan yang mengikuti Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di salah satu sekolah menengah pertama di Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia. Untuk menganalisis data, penelitian ini menggunakan tematik analisis (Braun & Clarke, 2006). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa partisipan menghadapi beberapa tantangan dalam mengajar. Tantangan ini ditunjukkan dalam bentuk kurang perhatianya siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Hal ini ditunjukkan saat partisipan bertanya apakah siswa mengerti atau tidak tentang materi partisipan ajarkan, namun para siswa hanya mengangguk saja. Ditambah lagi, ada beberapa kelas yang tidak mau mengerjakan tugas dari partisipan. Selain itu, temuan penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan tersebut mampu merubah keyakinan partisipan terhadap proses belajar mengajar. Keyakinan partisipan berubah dari "ketat dalam mengajar" menjadi "luwes". Hal ini terlihat dari perubahan gaya mengajar dan cara dia menangani siswanya. Dengan mengetahui tantangan dalam mengajar dan pengaruhnya terhadap keyakinan mengajar calon guru, diharapkan calon guru mampu mengatasi tantangan-tantangan yang muncul ketika proses belajar mengajar. Selain itu, tantangan mengajar dapat menjadi fondasi utama dalam melakukan refleksi mengajar bagi seorang calon guru. Kata kunci: Tantangan selama praktik mengajar, Keyakinan mengajar calon guru, Refleksi calon guru.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 09 Sep 2022 08:22
Last Modified: 09 Sep 2022 08:22
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6513

Actions (login required)

View Item View Item