NOVITASARI, SOPI (2022) POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI PERMASALAHAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI (Studi pada Orang Tua Murid Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) Al-ikhlas Kecamatan Culamega Kabupaten Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (34kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (10kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (29kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (49kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (181kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (145kB) |
Abstract
ABSTRAK SOPI NOVITASARI. 2022. POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI PERMASALAHAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI. (Studi Pada Orang Tua Anak Usia Dini Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Ikhlas Kecamatan Culamega Kabupaten Tasikmalaya). Jurusan Pendidikan Masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pnedidikan. Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Pola asuh orang tua dapat mempengaruhi perkembangan sosial emosional anak usia dini, oleh karna itu orang tua hendak memperhatikan perkembangan anak dan menerapkan pola asuh yang baik pada anak sehingga anak dapat berkembang dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh yang diterapkan oleh orang tua anak usia dini murid Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-ikhlas kecamatan culamega dalam Mendampingi permasalahan perkembangan sosial emosional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun subjek penelitian ini yaitu 5 orang tua, kepala madrasah dan guru Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-ikhlas kecamatan culamega untuk menjawab pertanyaan penelitian. Hasil dari penelitian yang didapatkan bahwa pola asuh yang digunakan orang tua dalam Mendampingi permasalahan perkembangan sosial emosional anak yaitu pola asuh demokrasi dan otoriter yang mana pola asuh demokrasi orang tua menekankan standar aturan dengan jelas dan mengajak anaknya untuk berkomunikasi serta mengharapkan tingkah laku yang matang dari anak. Sedangkan pola asuh otoriter orang tua menekankan kemandirian atau kebebasan secara individu kepada anak dan menerapkan peraturan kepada anak tanpa memberikan penjelasan apapun. Faktor lingkungan sosial dapat mempengaruhi perkembangan sosial emosional anak. Kata kunci: pola asuh, perkembangan sosial, emosional
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 09 Sep 2022 08:17 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 08:17 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6495 |
Actions (login required)
View Item |