ANALISIS UNSUR, STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS BERITA DALAM SURAT KABAR RADAR TASIKMALAYA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR TEKS BERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII (Penelitian Deskriptif terhadap Unsur-unsur Pembangun Teks Berita dalam Surat Kabar Radar Tasikmalaya)

Aulia, Hilda (2022) ANALISIS UNSUR, STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS BERITA DALAM SURAT KABAR RADAR TASIKMALAYA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR TEKS BERITA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII (Penelitian Deskriptif terhadap Unsur-unsur Pembangun Teks Berita dalam Surat Kabar Radar Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (44kB)
[img] Text
4. Abstrak.pdf

Download (8kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (373kB)
[img] Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (82kB)
[img] Text
9. BAB I Pendahuluan.pdf

Download (68kB)
[img] Text
10. BAB II Kajian Teoretis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text
11. BAB III Prosedur Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text
12. BAB IV Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (963kB)
[img] Text
13. BAB V Simpulan dan Saran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (108kB)

Abstract

ABSTRAK Hilda Aulia, 2022. Analisis Unsur, Struktur dan Kebahasaan Teks Berita dalam Surat Kabar Radar Tasikmalaya Sebagai Alternatif Bahan Ajar Teks Berita Pada Peserta Didik Kelas VIII. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Teks berita merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dicapai oleh siswa kelas VIII yaitu pada KD 3.1 dan 3.2. Melalui wawancara yang penulis lakukan dengan guru SMP Negeri 1 Cimaragas diketahui bahwa terdapat permasalahan yang berkaitan dengan bahan ajar teks berita, yaitu kurangnya sumber bahan ajar dan kurang sesuainya bahan ajar teks berita yang ada pada buku paket yang digunakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan dapat atau tidaknya teks berita pada surat kabar Radar Tasikmalaya sebagai bahan ajar teks berita untuk kelas VIII. Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu metode penelitian deskriptif analitis yaitu metode penelitian untuk mendeskripsikan suatu objek untuk menjawab suatu permasalahan penelitian yang menggambarkan kondisi apa adanya, tanpa memberi perlakuan ataupun manipulasi pada variabel yang diteliti. teknik pengumpulan yang penulis lakukan yaitu teknik wawancara untuk mengetahui permasalahan awal dan teknik dokumentasi untuk mendapatkan teks berita yang akan dianalisis. Sumber data penelitian adalah teks berita yang terdapat pada surat kabar Radar Tasikmalaya yang diterbitkan pada 1 Februari hingga 15 April 2021 dengan 93 populasi dan 10 sampel. Langkah-langkah penelitian yang penulis lakukan yaitu diawali dengan observasi awal untuk menemukan permasalahan yang ada di lapangan. Penulis menemukan bahwa kriteria bahan ajar harus sesuai dengan kurikulum yang berlaku dan juga sesuai dengan tingkat keterbacaan peserta didik. Setelah menemukan permasalahan tersebut, penulis menentukan metode penelitian yang cocok dengan permasalahan yang ada. Penulis menganalisis teks berita yang ada dalam surat kabar Radar Tasikmalaya berdasarkan kriteria bahan ajar teks berita untuk peserta didik kelas VIII, untuk mengetahui dapat atau tidaknya teks berita dalam surat kabar Radar Tasikmalaya dijadikan sebagai alternatif bahan ajar teks berita untuk peserta didik kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima teks berita yang memiliki struktur, unsur, kaidah kebahasaan dan keterbacaan yang sesuai dengan kriteria bahan ajar teks berita untuk kelas VIII dan dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar teks berita untuk peserta didik kelas VIII. Lima teks lainnya kurang layak digunakan sebagai alternatif bahan ajar teks berita karena tidak memiliki kaidah kebahasaan teks berita yang lengkap dan memiliki tingkat keterbacaan di atas kelas VIII.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 28 Jul 2022 04:48
Last Modified: 28 Jul 2022 04:48
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6449

Actions (login required)

View Item View Item