PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN LITERASI SAINS PADA BAHASAN USAHA DAN ENERGI DI MADRASAH ALIYAH

ARDIANTI, RESTI (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN LITERASI SAINS PADA BAHASAN USAHA DAN ENERGI DI MADRASAH ALIYAH. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (28kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (68kB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (70kB)
[img] Text
4. Kata Pengantar & Daftar Isi.pdf

Download (180kB)
[img] Text
5. BAB 1.pdf

Download (212kB)
[img] Text
6. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] Text
7. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] Text
8. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] Text
9. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img] Text
10. Daftar Pustaka.pdf

Download (221kB)

Abstract

ABSTRAK Resti Ardianti. 2022. PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN LITERASI SAINS PADA BAHASAN USAHA DAN ENERGI DI MADRASAH ALIYAH Penelitian ini dilatarbelakangi oleh instrumen penilaian yang disusun pendidik untuk dijadikan alat ukur hasil belajar peserta didik pada materi usaha dan energi belum memuat aspek literasi sains. Kemampuan pendidik dalam membuat instrumen penilaian yang bermuatan literasi sains masih belum memadai. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumen penilaian literasi sains yang valid, reliabel dan layak untuk digunakan pendidik sebagai alat ukur kemampuan literasi sains peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan dengan langkah penelitian yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk dan revisi produk. Instrumen penilaian yang dikembangkan diadaptasi dari dimensi PISA yang memuat aspek konteks, aspek pengetahuan ilmiah dan aspek kompetensi. Produk akhir dalam penelitian pengembangan ini adalah instrumen penilaian literasi sains untuk mengukur kemampuan literasi sains yang telah dinyatakan valid, reliabel dan layak yaitu berupa 20 butir soal pilihan ganda biasa. Hasil validasi instrumen penilaian oleh ahli bahasa, ahli materi dan respon pendidik masing-masing berada dalam kategori sangat valid. Validitas butir soal dinyatakan 19 soal valid dengan reliabilitas tinggi. Instrumen penilaian yang dikembangkan dinyatakan valid, reliabel dan layak untuk digunakan oleh pendidik dalam mengukur kemampuan literasi sains peserta didik di Madrasah Aliyah. Instrumen penilaian literasi sains tersebut diharapkan dapat menjadi instrumen penilaian bagi peserta didik tingkat Madrasah Aliyah dan diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada pendidik dalam mengembangkan instrumen penilaian literasi sains. Kata kunci: Instrumen Penilaian, Literasi Sains, Usaha dan Energi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 19 Jul 2022 07:07
Last Modified: 19 Jul 2022 07:07
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6428

Actions (login required)

View Item View Item