ANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS EDITORIAL DALAM MAJALAH FORUM NEO DIALEKTIKA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR TEKS EDITORIAL PADA SISWA KELAS XII (Penelitian Deskriptif Analitis terhadap Struktur dan Kebahasaan pada Majalah Forum Neo Dialektika)

Ankasa, Theda Dzar Ghifari (2022) ANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS EDITORIAL DALAM MAJALAH FORUM NEO DIALEKTIKA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR TEKS EDITORIAL PADA SISWA KELAS XII (Penelitian Deskriptif Analitis terhadap Struktur dan Kebahasaan pada Majalah Forum Neo Dialektika). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (23kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (93kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)

Abstract

ABSTRAK Theda Dzar Ghifari Ankasa 2022, Analisis Struktur dan Kebahasaan Teks Editorial dalam Majalah Forum Neo Dialektika sebagai Alternatif Bahan Ajar Teks Editorial pada Siswa Kelas XII (Penelitian Deskriptif Analitis terhadap Struktur dan Kebahasaan pada Majalah Forum Neo Dialektika). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh siswa kelas XII, meskipun demikian, pada kenyataannya masih ada beberapa siswa yang belum menguasai kompetensi dasar tersebut. Hal ini disebabkan karena bahan ajar teks editorial yang tersedia belum bisa mengatasi kesulitan dalam pembelajaran menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial. Oleh karena itu, penulis melaksanakan penelitian yaitu berupa Analisis Struktur dan Kebahasaan Teks Editorial dalam Majalah Forum Neo Dialektika sebagai Alternatif Bahan Ajar Teks Edotorial pada Siswa Kelas XII. (Penelitian Deskriptif Analitis terhadap Struktur dan Kebahasaan pada Majalah Forum Neo Dialektika). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan struktur dan kebahasaan teks editorial yang terkandung dalam majalah Forum Neo Dialektika serta untuk mendeskripsikan dapat tidaknya teks editorial yang terkandung dalam majalah Forum Neo Dialektika dijadikan alternatif bahan ajar teks editorial pada siswa kelas XII. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, teks editorial dalam majalah Forum Neo Dialektika ini mengandung struktur dan kebahasaan yang lengkap yang terdiri atas bagian struktur yaitu pengenalan isu, penyampaian argumen, penegasan ulang serta kebahasaan teks editorial yang terdiri atas penggunaan kalimat retoris, kata-kata populer, kata ganti petunjuk, dan konjungsi kausalitas. Selain itu, teks editorial dalam majalah Forum Neo Dialektika tersebut memiliki tingkat keterbacaan yang sesuai sehingga dapat digunakan di kelas XII. Teks editorial tersebut memiliki kesesuaian dengan beberapa kriteria bahan ajar, diantaranya yaitu bahan ajar yang dipilih sesuai dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar kurikulum 2013, bahan ajar yang dipiih dapat meningkatkan motivasi siswa serta meningkatkan rasa ingin tahu siswa, bahan ajar yang dipilih sahih (valid) dan merupakan bahan ajar terbaru, bahan ajar yang dipilih sesuai dengan perkembangan kognitif siswa. Berdasarkan indikator-indikator tersebut, teks editorial yang penulis analisis layak dijadikan sebagai alternatif bahan ajar teks editorial di kelas XII.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 19 Jul 2022 04:30
Last Modified: 19 Jul 2022 04:30
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6423

Actions (login required)

View Item View Item