ANALISIS ASPEK NILAI MORAL “CERITA RAKYAT NUSANTARA” SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DI KELAS X

Lestari, Erlin Cahya (2022) ANALISIS ASPEK NILAI MORAL “CERITA RAKYAT NUSANTARA” SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DI KELAS X. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (105kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (78kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (775kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (34kB)

Abstract

ABSTRAK Erlin Cahya Lestari, 2021, Analisis Aspek Nilai Moral “Cerita Rakyat Nusantara” Sebagai Alternatif Bahan Ajar di Kelas X. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Bahan ajar memiliki peran penting untuk mencapai kompetensi dan tujuan pembelajaran. Bahan ajar tidak hanya terdapat dalam buku pelajaran bahasa Indonesia saja, yang disediakan di sekolah. Guru bisa memilih alternatif bahan ajar yang ada di masyarakat dalam berbagai media. Teks cerita rakyat yang ditulis oleh Trifia Astuti merupakan salah satu alternatif bahan ajar di kelas x SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai moral yang terkandung dalam cerita rakyat nusantara yang disusun oleh Trifia Astuti dan mendeskripsikan kesesuaian teks cerita rakyat nusantara sebagai bahan ajar di kelas X SMA. Sampel yang penulis pilih dalam penelitian ini yaitu sebanyak 10 sampel. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu teknik observasi teks, teknik dokumentasi. Teknik validasi data yang penulis gunakan adalah teknik angket dan teknik tes. Hasil analisis yang telah penulis lakukan, hasilnya dapat dipaparkan: (1) kesepuluh sampel teks cerita rakyat yang penulis analisis dari segi aspek isi dan nilai moral cerita rakyat diperoleh hasil bahwa teks-teks tersebut sudah memiliki unsur intrisik yang lengkap meliputi tema, sudut pandang, latar, alur, penokohan, gaya bahasa, amanat, sehingga dapat membantu peserta didik dalam mencapai kompetensi dasar 3.7 di kelas X SMA; (2) kesepuluh sampel teks cerita rakyat yang penulis analisis dari segi nilai moral diperoleh hasil bahwa teks-teks tersebut memiliki aspek nilai moral yang lengkap sehingga dapat membantu peserta didik dalam mencapai kompetensi dasar 3.7 di kelas X SMA; (3) kesepuluh sampel teks cerita rakyat yang penulis analisis dari segi kesesuaian dengan kriteria bahan ajar meliputi tinjauan teks dengan kurikulum, tinjauan isi bahan ajar, diperoleh hasil bahwa teks-teks tersebut sudah sesuai dan dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar di kelas X SMA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 04 Jul 2022 06:38
Last Modified: 04 Jul 2022 06:38
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6229

Actions (login required)

View Item View Item