ANALISIS KESULITAN BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MENGANALISIS DAN MENCIPTAKAN KEMBALI TEKS ANEKDOT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA DARING PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA INDOCEMENT CITEREUP BOGOR TAHUN AJARAN 2021/2022

Hanifah, Shofa (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MENGANALISIS DAN MENCIPTAKAN KEMBALI TEKS ANEKDOT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA DARING PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA INDOCEMENT CITEREUP BOGOR TAHUN AJARAN 2021/2022. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (235kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (210kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (253kB)
[img] Text
Pengantar, Daftar Isi, Tabel, Gambar, Grafik.pdf

Download (465kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (634kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (838kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (445kB)

Abstract

ABSTRAK Shofa Hanifah. 2021. Analisis Kesulitan Belajar dalam Pembelajaran Menganalisis dan Menciptakan Kembali Teks Anekdot dengan Menggunakan Media Daring pada Peserta Didik Kelas X SMA Indocement Citereup Bogor Tahun Ajaran 2021/2022. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Pandemi Covid-19 menjadikan sistem pembelajaran dilakukan secara daring. Perubahan ini mengakibatkan sistem pembelajaran yang mulanya tatap muka secara langsung di kelas menjadi pembelajaran daring dari rumah. Sejak pembelajaran menggunakan media daring berlangsung, banyak kesulitan dialami peserta didik dalam pelaksanaannya, terkhusus dalam pembelajaran menganalisis dan menciptakan kembali teks anekdot. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kesulitan belajar menganalisis dan menciptakan kembli teks anekdot dengan menggunakan media daring pada peserta didik kelas X SMA Indocement Citereup Bogor tahun ajaran 2021/2022. Sampel yang penulis pilih dalam penelitian ini yaitu sebanyak 45 peserta didik. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu teknik observasi, tenik angket, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Hasil analisis data dari penilitian ini diperoleh bahwa kesulitan belajar menganalisis teks anekdot dengan menggunakan media daring memperoleh pesentase 44,51% dan termasuk ke dalam kategori sangat sulit dalam belajar menganalisis teks anekdot dengan menggunakan media daring. Begitupun dengan kesulitan belajar menciptakan kembali teks anekdot dengan menggunakan media daring memperoleh presentase 43,91% dan termasuk ke dalam kategori sangat sulit dalam belajar menciptakan kembali teks anekdot dengan menggunakan media daring. Ada empat aspek yang mempengaruhi kesulitan belajar menganalisis dan menciptakan kembali teks anekdot dengan menggunakan media daring yaitu aspek intelegensi peserta didik, motivasi dan minat belajar peserta didik, sarana dan prasarana peserta didik, serta intraksi peserta didik dengan guru dan keluarga. Kemudian, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan bahwa aspek motivasi dan minat belajar peserta didik merupakan aspek yang paling mendominasi terhadap kesulitan belajar menganalisis dan mencitptakan kembali teks anekdot dengan menggunakan media daring pada peserta didik kelas X SMA Indocement Citereup Bogor tahun ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 24 Jun 2022 07:45
Last Modified: 24 Jun 2022 07:45
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6099

Actions (login required)

View Item View Item