HAMDAYANI, AAM (2019) PENGARUH PEMBERIAN REWARD AND PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI MAN 2 TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
00 COVER.pdf Download (16kB) |
|
Text
03 ABSTRAK.pdf Download (224kB) |
|
Text
04 KATA PENGANTAR.pdf Download (168kB) |
|
Text
05 DAFTAR ISI.pdf Download (204kB) |
|
Text
09 BAB 1.pdf Download (291kB) |
|
Text
10 BAB II.pdf Download (348kB) |
|
Text
11 BAB III.pdf Download (608kB) |
|
Text
12 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (545kB) |
|
Text
13 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
|
Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) |
Abstract
Masalah yang diteliti mengenai rendahnya nilai peserta didik kelas XI pada mata pelajaran ekonomi masih banyak yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang ditetapkan oleh MAN 2 Tasikmalaya yaitu 71. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap motivasi serta berimplikasi terhadap prestasi belajar. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian survey. Populasi seluruh siswa kelas XI MAN 2 Tasikmalaya yang berjumlah 196 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik proportionate stratified random sampling, dengan sampel terdiri dari 6 kelas yang berjumlah 132 siswa. Alat yang digunakan untuk intrumen berupa kuesioner. Sebelum instrumen soal digunakan untuk memperoleh data yang objektif, maka terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji ANOVA yang sebelumnya telah dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh signifikan penerapan pemberian Reward and Punishment terhadap motivasi ditunjukkan oleh hasil uji manova dengan sig. 0,000 < 0,05. Tidak terdapat pengaruh signifikan pemberian Reward and Punishment terhadap prestasi belajar secara langsung maupun melalui motivasi. Hal ini ditunjukkan dengan lebih besar dari 1,245 > 3,07 dan signifikansi pemberian Reward and Punishment 0,351 > 0,05 dan Motivasi 0,134 > 0,05 Hasil ini menunjukkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak. Tidak terdapat pengaruh signifikan motivasi terhadap prestasi belajar. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien regresi sebesar 0,130. Pada taraf signifikansi 5% dapat diketahui 1,510 < 1,978524 dengan nilai signifikansi sebesar 0,134 > 0,05 Kata Kunci : Pemberian Reward dan Punishment, Motivasi, dan Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 27 Aug 2019 07:37 |
Last Modified: | 27 Aug 2019 07:37 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/608 |
Actions (login required)
View Item |