SARI, HANIFAH RAHMAH (2022) PERAN ORANG TUA DALAM MENDUKUNG KEGIATAN PEMBELAJARAN ONLINE (DARING) DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi pada Orang Tua yang Memiliki Anak Usia 6-12 Tahun di Kampung KB Sukapala Kelurahan Gunung Gede Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. judul.pdf Download (27kB) |
|
Text
5. abstrack.pdf Download (91kB) |
|
Text
2. pengesahan.pdf Download (193kB) |
|
Text
8.daftar isi.pdf Download (97kB) |
|
Text
9. bab 1.pdf Download (192kB) |
|
Text
10. bab 2.pdf Download (317kB) |
|
Text
11. bab 3.pdf Download (201kB) |
|
Text
12. bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
|
Text
13. bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
|
Text
14. daftar pusaka.pdf Download (152kB) |
Abstract
ABSTRAK HANIFAH RAHMAH SARI. 2022. PERAN ORANG TUA DALAM MENDUKUNG KEGIATAN PEMBELAJARAN ONLINE (DARING) DI MASA PANDEMI COVID-19 . (STUDI PADA ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK USIA 6-12 TAHUN DI KAMPUNG KB SUKAPALA KELURAHAN GUNUNG GEDE KECAMATAN KAWALU KOTA TASIKMALAYA). Jurusan Pendidikan Masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Orang tua di kampung KB Sukapala Kelurahan Gunung Gede Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya dengan adanya kegiatan pembelajaran online (daring) sebagian orang tua bersusah payah untuk mendukung atau melengkapi kebutuhan belajar di masa pandemi Covid-19.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran orang tua dalam mendukung kegiatan pembelajaran online (daring) di masa pandemi Covid19. Metode peneletian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunkan model Miles dan Huberman dengan beberapa alur yakni data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclustion drawing (kesimpulan). Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa peran orang tua dalam mendukung kegiatan pembelajaran online (daring) di masa pandemi Covid-19 di Kampung KB Sukapala orang tua berperan aktif sebagai pendidik di rumah dengan kegiatan belajar bersama anak, memahami materi anak lalu mengajarkan kepada anak, sehingga hasil belajar anak lebih meningkat. Mendorong anak agar senang belajar orang tua memberikan semangat pada anak dengan cara memberikan ruang dan waktu tertentu untuk menjalin interaksi dan bermain bersama anak serta sebagaimana orang tua diwajibkan membimbing anak orang tua dapat menjadi fasilitator dan berikan fasilitas belajar bagi anak untuk mendukung kegiatan pembelajaran anak. Simpulan peran orang tua dalam mendukung kegiatan pembelajaran online (daring) di masa pandemi covid-19 sebagai pendidik, pendorong, fasilitator dan pembimbing. Orang tua berperan aktif sebagai pendidik di rumah dengan memanfaatkan aktivitas belajar bersama anak-anaknya, dapat memahami materi pembelajaran anak hasil belajar yang lebih meningkat apabila pola peran pendidik dilakukan secara benar. Kata kunci : Peran orang tua, pembelajaran online, covid-19
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 22 Jun 2022 06:10 |
Last Modified: | 22 Jun 2022 06:10 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/6062 |
Actions (login required)
View Item |