NURDIANSYAH, RIZKI (2022) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN TEMAN SEBAYA DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP SELF EFFICACY SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI (Survei Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Angkatan 2018). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (63kB) |
|
Text
4. Abstrak.pdf Download (29kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (57kB) |
|
Text
11. BAB 1.pdf Download (155kB) |
|
Text
12. BAB 2.pdf Download (173kB) |
|
Text
13. BAB 3.pdf Download (328kB) |
|
Text
14. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) |
|
Text
15. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
|
Text
16. Daftar Pustaka.pdf Download (93kB) |
Abstract
ABSTRAK Rizki Nurdiansyah. 2021. "Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Teman Sebaya Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Self efficacy Serta Implikasinya Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi (Survei Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Angkatan 2018)". Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Di bawah bimbingan Dra. Hj. Heti Suherti, M.M. dan Rendra Gumilar, M.Pd. Masalah dari penelitian ini terkait tinggi rendahnya hasil belajar yang di duga disebabkan oleh lingkungan keluarga, teman sebaya dan self efficacy. Metode penelitian ini menggunakan survei eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini seluruh mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi yang berjumlah 111 dan yang termasuk kedalam sampel penelitian ini adalah 111 mahasiswa. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung dan tidak langsung yaitu: 1) Lingkungan keluarga berpengaruh secara signifikan terhadap self efficacy dengan nilai 0,034 lebih kecil dari 0,05. 2) Teman Sebaya berpengaruh secara signifikan terhadap self efficacy dengan nilai 0,001 lebih kecil dari 0,05. 3) Lingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai 0,000 lebih kecil dari 0,05. 4) Teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar dengan nilai 0,029 lebih kecil dari 0,05. 5) Self efficacy berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar dengan nilai 0,035 lebih kecil dari 0,05. 6) Lingkungan keluarga tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar melalui self efficacy dengan t hitung 1,125 lebih kecil dari t tabel 1,981. 7) Teman sebaya tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar melalui self efficacy dengan t hitung 1,870 lebih kecil dari t tabel 1,981. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu lingkungan keluarga dan teman sebaya berpengaruh signifikan secara langsung terhadap hasil belajar dan tidak terdapat pengaruh lingkungan keluarga dan teman sebaya terhadap hasil belajar melalui self efficacy. Kata Kunci: Keluarga, Teman, Self, Efikasi, Hasil, Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 15 Jun 2022 01:49 |
Last Modified: | 15 Jun 2022 01:49 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5946 |
Actions (login required)
View Item |