Thooriqh, Diaz Varel Alfianda (2021) STRATEGI PEMASARAN BERAS (STUDI KASUS PADA PT MITRA DESA PAMARICAN (MDP), KECAMATAN PAMARICAN, KABUPATEN CIAMIS). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (38kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (10kB) |
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (264kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL.pdf Download (274kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (159kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (135kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (131kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (97kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (146kB) |
Abstract
ABSTRAK STRATEGI PEMASARAN BERAS (STUDI KASUS PADA PT MITRA DESA PAMARICAN (MDP), KECAMATAN PAMARICAN, KABUPATEN CIAMIS) Oleh : Diaz Varel Alfianda Thooriqh 175009016 Dosen Pembimbing : Candra Nuraini Enok Sumarsih Beras merupakan komoditas pangan yang sangat penting bagi mayoritas masyarakat Indonesia. Maka dari itu, hal ini menjadi peluang bagi PT Mitra Desa Pamarican, sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang penggilingan dan penjualan beras, untuk memasarkan produknya ke berbagai segmen konsumen atau pasar. Meski begitu, terdapat banyak faktor yang menjadi kelemahan dan ancaman perusahaan dalam memasarkan produk yang mereka produksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihubungkan dengan faktor-faktor dalam bauran pemasaran dalam memasarkan produk PT Mitra Desa Pamarican, dan mengidentifikasi alternatif strategi serta menentukan strategi prioritas yang tepat untuk diterapkan dalam pemasaran produk PT Mitra Desa Pamarican. Tempat penelitian berada di PT Mitra Desa Pamarican yang berlokasi di Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis. Penelitian dilakukan selama 8 bulan, yakni dari bulan Maret 2021 sampai bulan Desember 2021. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis yang digunakan ialah EFAS, IFAS, analisis SWOT dan analisis QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal dengan kekuatan terbesar ialah branding yang sudah baik dan menarik, dengan kelemahan terbesar ialah kualitas bahan baku yang tidak stabil. Faktor eksternal dengan peluang terbesar ialah kemitraan dengan BUMN dan petani lokal, dengan ancaman terbesar ialah supplier mengalami gagal panen atau kendala usahatani lainnya. Rekomendasi strategi yang digunakan ialah strategi S-O, dengan prioritas strategi utama ialah melakukan bundling produk pada waktu-waktu tertentu agar promosi lebih bervariasi dan harga lebih bersaing dan memperluas jaringan pemasaran. Kata Kunci : Strategi, Bauran Pemasaran, Beras, PT Mitra Desa Pamarican
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 07 Jun 2022 07:38 |
Last Modified: | 07 Jun 2022 07:38 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5906 |
Actions (login required)
View Item |