EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING(TAPPS)BERBASIS APLIKASI QUIZIIZZ PADA KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 10 Tasikmalaya)

AKMILUNISA, FITRI (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING(TAPPS)BERBASIS APLIKASI QUIZIIZZ PADA KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIK (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 10 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1.DAFTAR ISI.pdf

Download (745kB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (303kB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf

Download (824kB)
[img] Text
4 BAB 3.pdf

Download (256kB)
[img] Text
5. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[img] Text
6. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB)

Abstract

ABSTRAK FITRI AKMILUNNISA. 2019. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Berbasis Aplikasi Quizizz Pada Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematik (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 10 Tasikmalaya). Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari suatu model pembelajaran kooperatif tipe Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) pada kemampuan penalaran dan komunikasi matematis peserta didik setelah menggunaka model TAPPS berbasis aplikasi Quizizz. Metode pada penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan pelaksanaan tes kemampuan penalran dan komunikasi matematis. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan penalaran dan komunikasi matematis. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 10 Tasikmalaya yang berjumlah 10 kelas. Sampel dipilih secara acak sehingga terpilih kelas VIII F sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang . Teknik analisis data dalam uji normalitas digunakan perthitungan dengan liliefors test dan pada uji hipotesis digunakan uji proporsi satu pihak kanan. Berdasarkan hasil analitis data diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) berbasis aplikasi Quizizz efektif pada kemampuan penalaran dan komunikasi matematik peserta didik. Meninjau hasil dari skor peserta didik yang diperoleh mampu memenuhi kriteria efektivitas karena sebanyak 27 (90%) peserta didik mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) setara dengan skor 24 serta kemampuan penalaran dan komunikasi matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model TAPPS berbasis aplikasi Quizizz berada pada kategori tinggi. Kata kunci: Efektivitas, Model Kooperatif Tipe TAPPS, Kemampuan Penalaran dan Kemampuan Komunikasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 03 Jun 2022 08:44
Last Modified: 03 Jun 2022 08:44
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5886

Actions (login required)

View Item View Item