NABIILA, ALYAA (2019) KORELASI ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI DENGAN SELF REGULATED LEARNING DI KELAS X SMA NEGERI 1 KOTA TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01. COVER SKRIPSI.pdf Download (226kB) |
|
Text
02. Lembar pengesahan.pdf Download (97kB) |
|
Text
04. Daftar Isi, Tabel, Gambar, Lampiran.pdf Download (28kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (314kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (371kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (733kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (576kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (312kB) |
Abstract
ABSTRAK ALYAA NABIILA. 2019. Korelasi antara Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar Biologi dengan Self Regulated Learning di Kelas X SMA Negeri 1 Kota Tasikmalaya. Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar biologi dengan self regulated learning (SRL) di kelas X MIPA 9 SMA Negeri 1 Kota Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan September 2018 s.d Juli 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan populasi seluruh peserta didik kelas X MIPA 9 sebanyak 30 orang. Sampel yang diambil dilakukan dengan teknik sampling jenuh sehingga seluruh populasi dijadikan sampel. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 3 instrumen yang sudah tervalidasi yaitu The Schutte Self Report Emotional Intelligence (SSEIT) dan Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) yang terdiri dari dua bagian yaitu motivational belief atau instrument motivasi belajar biologi dan self regulated learning strategies. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi korelasi multivariat. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis disimpulkan bahwa ada korelasi yang signifikan secara simultan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar biologi dengan SRL (R= 0,762; R2 =0,580). Kontribusi dari kecerdasan emosional dan motivasi belajar biologi terhadap SRL sebesar 58%. Secara parsial hanya motivasi belajar biologi yang berkorelasi dengan self regulated learning dengan besarnya sumbangan efektif yang diberikan dari motivasi belajar biologi sebesar 57% sedangkan kecerdasan emosional hanya sebesar 1% dari total 58%. Kata Kunci : korelasi, kecerdasan emosional, motivasi belajar, self regulated learning
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 03 Jun 2022 08:44 |
Last Modified: | 03 Jun 2022 08:44 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5875 |
Actions (login required)
View Item |