ANALISIS KECEMASAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK DALAM MENGERJAKAN SOAL TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS)

DARMAWAN, RIZKY (2021) ANALISIS KECEMASAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK DALAM MENGERJAKAN SOAL TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 Cover.pdf

Download (83kB)
[img] Text
05 Abstrak.pdf

Download (8kB)
[img] Text
02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (40kB)
[img] Text
07 Daftar Isi.pdf

Download (15kB)
[img] Text
11 BAB 1.pdf

Download (85kB)
[img] Text
12 BAB 2.pdf

Download (428kB)
[img] Text
13 BAB 3.pdf

Download (65kB)
[img] Text
14 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
15 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK Rizky Darmawan. 2021. Analisis Kecemasan Matematika Peserta Didik dalam Mengerjakan Soal Tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS). Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecemasan matematika peserta didik dalam mengerjakan soal tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan penyebab kecemasan matematika yang dialami oleh peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas XI MIPA 5 SMAN 1 Lemahabang dengan pemilihan subjek dilakukan secara purposive yaitu memilih peserta didik yang mengerjakan semua indikator soal HOTS dengan jawaban benar semua dan peserta didik yang mengerjakan semua indikator soal HOTS tapi jawaban salah semua. Teknik Pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dengan soal matematika tipe HOTS, penyebaran angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Kecemasan matematika subjek dengan jawaban soal HOTS benar semua berada pada tingkatan sedang cenderung rendah yaitu merasa khawatir ketika hendak mengerjakan soal (attitude) hanya merasa kebingungan di awal-awal membaca soal (cognitive) dan berkeringat pada telapak tangan (somatic). Sedangkan kecemasan matematika subjek dengan jawaban soal HOTS salah semua berada pada tingkatan sedang cenderung tinggi yaitu takut mengenai apa yang harus dilakukan (attitude), khawatir dianggap bodoh oleh orang lain (cognitive), merasa tidak nyaman dan jantung berdetak lebih cepat (somatic). 2) Adapun hal yang dapat menjadi penyebab kecemasan matematika pada faktor mikrokosmos yaitu ketika tidak mampu memahami dan menyelesaikan permasalahan matematika. Pada faktor makrokosmos yaitu kegiatan pembelajaran matematika yang bersifat otoriter, tekanan dari orang tua dan kondisi ruangan yang tidak kondusif. Kata Kunci : Kecemasan Matematika; Soal HOTS; Analisis Kecemasan Matematika

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 13 May 2022 01:50
Last Modified: 13 May 2022 01:50
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5727

Actions (login required)

View Item View Item