ENGAGING THE STUDENTS’ LEARNING ACTIVITIES IN LITERATURE IN ELT COURSE THROUGH HAND GESTURES: A MULTIMODAL PERSPECTIVE

Anggraeni, Ajeng (2021) ENGAGING THE STUDENTS’ LEARNING ACTIVITIES IN LITERATURE IN ELT COURSE THROUGH HAND GESTURES: A MULTIMODAL PERSPECTIVE. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1-COVER.docx.pdf

Download (410kB)
[img] Text
2-APPROVAL SHEET.docx.pdf

Download (300kB)
[img] Text
3-APPROVAL SHEET ALL THE EXAMINER.docx.pdf

Download (246kB)
[img] Text
4-LEMBAR PERNYATAAN.docx.pdf

Download (278kB)
[img] Text
5-PERSONAL PAGE.docx.pdf

Download (271kB)
[img] Text
6-ABSTRAK.docx.pdf

Download (264kB)
[img] Text
7-ABSTRACT.docx.pdf

Download (368kB)
[img] Text
8-PREFACE.docx.pdf

Download (282kB)
[img] Text
9-ACKNOWLEDGEMENTS.docx.pdf

Download (298kB)
[img] Text
10-TABLE OF CONTENT.docx.pdf

Download (295kB)
[img] Text
11-LIST OF FIGURES.docx.pdf

Download (184kB)
[img] Text
12-LIST OF TABLES.docx.pdf

Download (277kB)
[img] Text
13-LIST OF ENCLOSURES.docx.pdf

Download (184kB)
[img] Text
14-CHAPTER 1.docx.pdf

Download (307kB)
[img] Text
15-CHAPTER 2.docx.pdf

Download (462kB)
[img] Text
16-chapter 3.docx.pdf

Download (485kB)
[img] Text
17-CHAPTER 4.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (674kB)
[img] Text
18-CHAPTER 5.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] Text
19-REFERENCES.pdf

Download (421kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi gestur tangan yang dilakukan oleh seorang guru dalam menarik fokus mahasiswa pada saat belajar di mata kuliah Literature in ELT. Untuk menganalisis data, penelitian ini menggunakan kerangka Systemic functional multimodal discourse analysis (SFMDA) oleh Martinec (2000) dan appraisal system oleh Martin dan White (2005). Mode penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif discourse analysis. Partisipan yang ada pada penelitian ini berjumlah 3 orang dan peneliti menggunakan nama samara agar kerahasiaan dari identitas participant tetap terjaga. Temuan penelitian menunjukan bahwa peneliti telah menemukan beberapa gerakan tangan yang dilakukan oleh guru dan memungkinkan untuk membantu menyampaikan tujuan dari komunikasi verbal yaitu, meregangkan tangan, mengangkat tangan, melambaikan tangan, memutar tangan, sebagai gerakan komunikatif dan gerakan tangan pada wajah, tangan pada pinggang dan mengangkat tangan untuk melihat jam merupakan gerakan performative. Studi ini menyiratkan pentingnya fungsi gerakan tangan terutama dalam mengajar literature in ELT, karena hal tersebut memungkinkan guru untuk lebih terlibat dengan mahasiswa. Kata Kunci: Gestur Tangan Guru, Keterlibatan Siswa, Literature in ELT, Systemic Functional Multimodal Discourse Analysis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 22 Apr 2022 03:25
Last Modified: 22 Apr 2022 03:25
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5570

Actions (login required)

View Item View Item