PENGARUH PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP ISLAM DALAM PRODUK BANK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH PT. BANK JABAR BANTEN SYARIAH KCP SINGAPARNA

Nora, Wellem Dian (2015) PENGARUH PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP ISLAM DALAM PRODUK BANK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH PT. BANK JABAR BANTEN SYARIAH KCP SINGAPARNA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
cover .pdf

Download (14kB)
[img] Text
lembar pengeshan.pdf

Download (8kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (133kB)
[img] Text
pengantar daf isi daf tbel.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (503kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (609kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text
Daptar pustaka.pdf

Download (134kB)

Abstract

ABSTRAK Wellem Dian Nora 2015. “PENGARUH PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP ISLAM DALAM PRODUK BANK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH” Pada saat ini masih banyak umat Islam yang belum memahami tentang perbankan syariah. Pada umumnya masyarakat hanya mengetahui bahwa bank syariah adalah bank yang tidak menerapkan prinsip bunga akan tetapi menerapkan prinsip bagi hasil. Untuk meningkatkan jumlah nasabah maka bank syariah harus melakukan pelayanan yang terbaik. Sehingga dapat menarik calon nasabah agar menabung di bank tersebut. Berdasarkan uraian latar belakang masalah tersebut, maka rumusan masalah yang muncul adalah (1) Bagaimana penerapan prinsip-prinsip Islam pada PT. Bank Jabar Banten Syariah KCP Singaparna? (2) Bagaimana kualitas pelayanan di PT. Bank Jabar Banten Syariah KCP Singaparna? (3) Bagaimana keputusan menjadi nasabah PT Bank Jabar Banten Syariah KCP Singaparna? (4) Apakah terdapat pengaruh penerapan nilai-nilai Islam dalam produk bank terhadap keputusan menjadi nasabah PT Bank Jabar Banten Syariah KCP Singaparna? (5) Apakah terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan menjadi nasabah PT. Bank Jabar Banten Syariah KCP Singaparna? (6) Apakah terdapat pengaruh penerapan nilai-nilai Islam dalam produk bank dan kualitas pelayanan terhadap keputusan menjadi nasabah PT. Bank Jabar Banten Syariah KCP Singaparna? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan prinsip prinsip Islam pada PT. Bank Jabar Banten Syariah KCP Singaparna. (2) Untuk mengetahui kualitas pelayanan PT. Bank Jabar Banten Syariah KCP Singaparna. (3) Untuk mengetahui keputusan menjadi nasabah PT Bank Jabar Banten Syariah KCP Singaparna. (4) Untuk mengetahui pengaruh penerapan nilai-nilai Islam dalam produk bank terhadap keputusan menjadi nasabah PT. Bank Jabar Banten Syariah KCP Singaparna. (5) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan menjadi nasabah PT. Bank Jabar Banten Syariah KCP Singaparna. (6) Untuk mengetahui pengaruh penerapan nilai-nilai Islam dalam produk bank dan kualitas pelayanan terhadap keputusan menjadi nasabah PT. Bank Jabar Banten Syariah KCP Singaparna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Dengan menggunakan formula korelasi product moment. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Jumlah populasinya sebanyak 5000 orang dan sampel nya adalah 257 orang menggunakan teknik pengumpulan data sampling insidental. Adapun variabel dalam penelitian ini adalah penerapan prinsip-prinsip islam dalam produk bank X1 dan kualitas pelayanan X2 sebagai variable independen sedangkan keputusan menjadi nasabah variable dependen Y. Berdasarkan hasil uji normalitas data variable penerapan prinsip-prinsip islam dalam produk bank, harga Chi kuadrat hitung lebih besar dari pada harga Chi Kuadrat tabel (χhit2 = 432,2 > χtab2 α0,01 =15,086) maka distribusi data tersebut tidak normal. Berdasarkan hasil uji normalitas data variabel kualitas pelayanan harga chi kuadrat hitung lebih besar dari harga Chi kuadrat tabel (χhit2 = 68,5 > χtab2 α0,01 =13,277) maka distribusi data tersebut tidak normal. Berdasarkan hasil uji normalitas data variabel kualitas pelayanan harga Chi kuadrat lebih besar dari pada harga Chi kuadrat tabel (χhit2 = 115,1 < χtab2 α0,01 =15,086) maka distribusi data tersebut tidak normal. Persamaan regresi penerapan prinsip-prinsip islam dalam produk bank yaitu Ŷ = 15,58 + 0,707.X1. Hasil perhitungan koefisiensi korelasi diperoleh r hitung 0,6 termasuk pada kategori kuat, sedangkan uji signifikansi di peroleh t hitung 11,08 kemudian dikonsultasikan kepada t tabel dengan drajat kesalahan 1% sebesar t tabel α0,01 = 2,576 Terbukti t hitung > t tabel α0,01 (11,98 > 2,576 ), artinya terdapat pengaruh signifikan antara penerapan prinsip-prinsip islam dalam produk bank terhadap keputusan menjadi nasabah. Persamaan regresi kualitas pelayanan terhadap keputusan menjadi nasabah yaitu Ŷ = 0,459 + 13.973 . X2 Hasil perhitungan koefisiensi korelasi diperoleh r hitung 0,65 termasuk pada kategori kuat, sedangkan uji signifikansi di peroleh t hitung 13,66 kemudian dikonsultasikan kepada t tabel dengan drajat kesalahan 1% sebesar t tabel α0,01 = 2,576 Terbukti t hitung > t tabel α0,01 (13,66 > 2,576 ), artinya terdapat pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan terhadap keputusan menjadi nasabah. Persamaan regresi penerpan prinsip-prinsip islam dalam produk bank dan kualitas pelayanan terhadap keputusan menjadi nasabah yaitu Ŷ = 202,9 +0,37 X1 – 3,66 X2 hasil perhitungan koefisiensi korelasi diperoleh r hitung 0,93termasuk pada kategori sangat kuat, sedangkan uji signifikansi diperoleh F hitung 86 kemudian dikonsultasikan pada F tabel dengan drajat kesalahan 5% sebesar F tabel α0,05 = 3,04 terbukti F hitung > F tabel α0,05 ( 86 > 3,04 ), artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan prinsip-prinsip islam dalam produk bank dan kualitas pelayanan terhadap keputusan menjadi nasabah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 19 Apr 2022 05:21
Last Modified: 19 Apr 2022 05:21
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5475

Actions (login required)

View Item View Item