Subekti, Aji (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENYIMPULKAN UNSUR-UNSUR PEMBANGUN DAN MAKNA TEKS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE (TPS) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII di MTs Tanjungsari Kab. Ciamis Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (102kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (136kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (97kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL.pdf Download (76kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (131kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (224kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (139kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (527kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (94kB) |
Abstract
ABSTRAK Aji Subekti. 2021. Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi dan Menyimpulkan Unsur-unsur Pembangun dan Makna Teks Puisi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) (Penelitian Tindakan Kelas pada peserta Didik Kelas VIII MTs Tanjungsari Kab. Ciamis Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Mengidentifikasi dan menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi merupakan kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik kelas VIII berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Meskipun demikian, pada kenyataannya masih banyak peserta didik kelas VIII-B MTs Tanjungsari Kab. Ciamis yang belum mampu mengidentifikasi dan menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi. Penelitian yang penulis lakukan mempunyai tujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Think Pair Share meningkatkan kemampuan mengidentifikasi dan menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi pada peserta didik kelas VIII MTs Tanjungsari Kab. Ciamis tahun ajaran 2020/2021. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian Tindakan Kelas (PTK). Kriteria Ketuntasan Belajar (KKB) mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VIII adalah 72. Perolehan nilai siklus pertama, pada aspek pengetahuan 3.7 mengidentifikasi unsur-unsur pembangun yang memenuhi KKB yaitu berjumlah 2 orang (13%) sementara pada aspek keterampilan 4.7 menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna peserta didik yang belum mencapai KKB yaitu berjumlah 1 orang (6%) dan dilanjutkan dengan siklus kedua mengalami peningkatan pada aspek pengetahuan 3.2 mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi peserta didik yang sudah mencapai KKB berjumlah 15 orang atau 100% dan pada aspek keterampilan 4.2 menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi peserta didik yang sudah mencapai KKB berjumlah 15 orang atau 100%. Untuk menguji keakuratan KKB, data tersebut penulis uji dengan menggunakan uji Wilcoxon. Hasil uji data tersebut dapat menunjukan perbedaan atau peningkatan. Penulis menyimpulkan bahwa hipotesis tindakan dalam penelitian ini bisa diterima. Artinya model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi dan menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi pada pada peserta didik kelas VIII MTs Tanjungsari Kab. Ciamis tahun ajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 06 Apr 2022 04:27 |
Last Modified: | 06 Apr 2022 04:27 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5380 |
Actions (login required)
View Item |