Pakar, Gandang Kharisma (2021) DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas VIII B MTs Tanjungsari Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (107kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (245kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (96kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL.pdf Download (98kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (111kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (222kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (190kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) |
Abstract
ABSTRAK Gandang Kharisma Pakar. 2021. Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Informasi dan Menyimpulkan Isi Teks Eksposisi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share. (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Tanjungsari Kabupaten Ciamis Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi teks eksposisi merupakan kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik kelas VIII berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Meskipun demikian, pada kenyataannya masih banyak peserta didik kelas VIII MTs Tanjungsari Tahun Ajaran 2020/2021 yang belum mampu mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi teks eksposisi. Oleh karena itu, penulis melakukan Penelitian Tindakan Kelas untuk memperbaiki proses dan hasil pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Think Pair Share meningkatkan kemampuan mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi teks ekposisi. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, teknik wawancara, teknik tes, dan teknik dokumentasi. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa hasil belajar siklus kesatu aspek pengetahuan KD 3.5 mengidentifikasi informasi, peserta didik yang masih belum mencapai KKM sebanyak 9 orang (56,25%) dengan nilai terendah yaitu 51, peserta didik yang sudah mencapai KKM sebanyak 7 orang (43,75%) dengan nilai tertinggi 91 dan aspek keterampilan KD 4.5 menyimpulkan isi teks eksposisi, peserta didik yang sudah dan yang belum mencapai KKM sebanyak 8 orang (50%). Pada siklus kedua, aspek pengetahuan KD 3.5 mengidentifikasi informasi teks eksposisi, semua peserta didik sebanyak 16 orang (100%) mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), dan aspek keterampilan KD 4.5 menyimpulkan isi teks eksposisi, semua peserta didik sebanyak 16 orang (100%) mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penulis menyimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Artinya model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi teks eksposisi pada pada peserta didik kelas VIII MTs Tanjungsari Tahun Ajaran 2020/2021
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 06 Apr 2022 04:27 |
Last Modified: | 06 Apr 2022 04:27 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5377 |
Actions (login required)
View Item |