Hendriana, Hendriana (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS DAN MENGEMBANGKAN ISI, STRUKTUR, DAN KEBAHASAAN TEKS PROSEDUR (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Sindangkasih CiamisTahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (344kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (306kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (356kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (310kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (374kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (318kB) |
|
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf Download (305kB) |
|
Text
8. DAFTAR GRAFIK.pdf Download (305kB) |
|
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (305kB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (450kB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Download (467kB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Download (438kB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (859kB) |
|
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (309kB) |
Abstract
Kemampuan menganalisis dan mengembangkan isi, struktur, dan kaidah kebahasaan teks prosedur merupakan kompetensi dasar mata pelajaran bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013 Revisi yang harus dikuasai peserta didik kelas XI. Namun kenyataannya, di kelas XI SMA Negeri 1 Sindangkasih Ciamis masih banyak peserta didik yang belum mampu menganalisis dan mengembangkan isi, struktur, dan kebahasaan teks prosedur. Penelitian yang penulis lakukan bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) meningkatkan kemampuan menganalisis dan mengembangkan isi, struktur, dan kebahasaan teks prosedur pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sindangkasih Ciamis tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil pengolahan data, pada siklus kesatu mengenai proses dan hasil belajar mengalami perubahan dan peningkatan. Proses belajar pada siklus satu pertemuan pertama terdapat 3 orang (9%) peserta didik yang tidak bersungguh�sungguh, 14 peserta didik (41%) yang tidak bekerja sama, 10 peserta didik (30%) yang tidak aktif dan 5 peserta didik (15%) yang tidak bertanggung jawab. Proses belajar pada siklus satu pertemuan kedua terdapat 17 peserta didik (50%) yang tidak bersunggung-sungguh, 10 peserta didik (30%) yang tidak aktif, 4 peserta didik (12%) yang tidak bertanggung jawab dan 10 peserta didik (30%) yang tidak tampak bekerja sama. Hasil pembelajaran pada siklus kesatu pertemuan pertama aspek pengetahuan, peserta didik yang belum mencapai KKM yaitu 12 orang (35,3%). Hasil belajar pada siklus kesatu pertemua kedua aspek keterampilan yang belum mencapai KKM yaitu 33 orang (97%). Sedangkan pada siklus kedua proses belajar peserta didik mengalami peningkatan sehingga hasil belajar semua peserta didik (100%) sudah mencapai KKM. Peningkatan KKM dari siklus 1 ke siklus II penulis menggunakan uji w, ternyata nilai Whitung = (0) < W0,01 (34) menunjukan hasil belajar pada siklus kedua sebagai tindak lanjut dari siklus kesatu kemampuan hasil belajar peserta didik ada perubahan dan peningkatan hasil belajar. Data di atas menunjukkan bahwa hipotesis tindakan penelitian ini diterima. Artinya model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menganalisis dan mengembangkan isi, struktur, dan kebahasaan teks prosedur pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sindangkasih Ciamis tahun ajaran 2019/2020
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 06 Apr 2022 01:53 |
Last Modified: | 06 Apr 2022 01:53 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5368 |
Actions (login required)
View Item |