TEACHER QUESTIONS IN ENGLISH FOREIGN LANGUAGE (EFL) SETTING

MULYASARI, YUNI (2019) TEACHER QUESTIONS IN ENGLISH FOREIGN LANGUAGE (EFL) SETTING. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (60kB)
[img] Text
APPROVAL SHEET.pdf

Download (322kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] Text
Daftar Putsaka.pdf

Download (147kB)

Abstract

ABSTRAK YUNI MULYASARI 2019. Teacher Questions in English Foreign Language (EFL) Setting. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Pertanyaan guru dianggap sebagai kunci untuk mendorong dan merangsang penalaran siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki tingkat pertanyaan jenis apa yang digunakan oleh seorang guru bahasa Inggris di kelas EFL atau English Foreign Language. Penelitian kelas diimplementasikan sebagai desain penelitian. Data diperoleh dari transkripsi video yang terdiri dari tingkat pertanyaan yang digunakan oleh guru di kelas EFL. Seorang guru bahasa Inggris dari salah satu SMA di Tasikmalaya adalah sumber datanya. Setelah data diperoleh, dianalisis dengan menggunakan teknik analisis tematik yang diadaptasi dari Braun dan Clarke (2006). Ditemukan bahwa ada dua tingkat pertanyaan yang digunakan oleh guru di kelas EFL. Yaitu pertanyaan LOT (lower order thinking) dan HOT (higher order thinking). LOT bertujuan untuk memimpin siswa agar berpartisipasi dalam proses pembelajaran dengan mengingat kembali pengetahuan (knowledge) yang mereka dapat dan menjawab pertanyaan secara bersamaan yang mewakili pemahaman (comprehension) mereka tentang teks yang dipelajari. Sedangkan yang HOT bertujuan untuk mendorong siswa agar memberikan jawaban yang benar berdasarkan analisis (analysis) mereka sendiri. Selain itu, hal ini dapat merangsang siswa untuk membuat penilaian tentang bagian terbaik dari cerita dalam teks sebagai sintesis (synthesis) mereka dengan menjawab dan berpikir lebih dalam dalam proses pembelajaran untuk memahami teks. Yang terakhir tetapi tidak sedikit, ini memungkinkan guru untuk mengevaluasi pemahaman siswa tentang teks dengan meminta penilaian berdasarkan kriteria dalam teks dan meminta solusi (evaluation) untuk masalah yang mereka temukan dalam teks. Dapat disimpulkan bahwa pertanyaan guru dapat merangsang pemikiran kritis siswa. Kata kunci:Teacher Questions, Questioning, EFL, Lower Order Thinking, Higher Order Thinking, Level question

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 05 Apr 2022 04:23
Last Modified: 05 Apr 2022 04:23
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5341

Actions (login required)

View Item View Item