Rabbani, Fiqhi Dzulfikar (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH ISI DAN STRUKTUR TEKS EKSPOSISI SERTA MENYAJIKAN GAGASAN KE DALAM TEKS EKSPOSISI (ARTIKEL ILMIAH POPULER) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Al- Ma’sum Cikaro Kabupaten Garut Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
Cover.pdf Download (186kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN, ABSTRAK.pdf Download (412kB) |
|
Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (219kB) |
|
Text
BAB 2 LANDASAN TEORITIS.pdf Download (270kB) |
|
Text
BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Download (485kB) |
|
Text
BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (957kB) |
|
Text
BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) |
Abstract
ABSTRAK Fiqhi Dzulfikar Rabbani 2020. Peningkatan Kemampuan Menelaah Isi dan Struktur Teks Eksposisi serta Menyajikan Gagasan ke Dalam Teks Eksposisi (Artikel Ilmiah Populer) dengan Menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Al Ma’sum Cikaro Kabupaten Garut Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Menelaah isi dan struktur teks eksposisi serta menyajikan gagasan ke dalam teks eksposisi (artikel ilmiah populer) merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VIII SMP/MTs/Sederajat berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Meskipun demikian, pada kelas VIII SMP Al Ma’sum Cikaro Kabupaten Garut tahun ajaran 2020/2021 masih ada peserta didik yang belum mencapai KKM yaitu 76 sehingga penulis melakukan penelitian ini. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran course review horay meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menelaah isi dan struktur teks eksposisi serta menyajikan gagasan ke dalam teks eksposisi pada kelas VIII SMP Al Ma’sum Cikaro Kabupaten Garut tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, dan teknik tes. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Al Ma’sum Cikaro Kabupaten Garut tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 20 orang. Pada siklus I pertemuan pertama untuk KD 3.6, 10 peserta didik (50%) mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sedangkan 10 peserta didik (50%) lainnya belum mencapai KKM. Pertemuan kedua untuk KD 4.6 terdapat 14 peserta didik (70%) yang telah mencapai KKM dan 6 peserta didik (30%) belum mencapai KKM. Pada Siklus II pertemuan pertama dan pertemuan kedua, baik untuk KD 3.6 Menelaah isi dan struktur teks eksposisi dan untuk KD 4.6 Menyajikan gagasan, penndapat ke dalam teks eksposisi bentuk artikel ilmiah populer seluruh peserta didik (100%) telah mampu mencapai KKM yang telah ditetapkan. Dengan demikian, terdapat peningkatan dari siklus I ke siklus II sehingga hipotesis dari penelitian ini dapat diterima, yaitu model pembelajaran course review horay dapat meningkatkan kemampuan menelaah isi dan struktur teks eksposisi serta menyajikan gagasan ke dalam teks eksposisi (artikel ilimah populer) pada peserta didik kelas VIII SMP Al Ma’sum Cikaro Kabupaten Garut tahun ajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 05 Apr 2022 04:23 |
Last Modified: | 05 Apr 2022 04:23 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5340 |
Actions (login required)
View Item |