PERBEDAAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK YANG PROSES PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DAN MODEL PEMBELAJARAN FREE INQUIRY PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI (Studi Ekperimen di Kelas X SMA Negeri 1 Sindangkasih Tahun Ajaran 2019/2020)

LESTARI, ALVYN KARINA (2019) PERBEDAAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK YANG PROSES PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DAN MODEL PEMBELAJARAN FREE INQUIRY PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI (Studi Ekperimen di Kelas X SMA Negeri 1 Sindangkasih Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover (1).pdf

Download (56kB)
[img] Text
4. Abstrak.pdf

Download (117kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (13kB)
[img] Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (143kB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (159kB)
[img] Text
7. BAB II.pdf

Download (433kB)
[img] Text
8. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)

Abstract

ABSTRAK ALVYN KARINA LESTARI. 2019. Perbedaan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik yang Proses Pembelajarannya Menggunakan Model Pembelajaran Guided Inquiry dan Model Pembelajaran Free Inquiry pada Materi Keanekaragaman Hayati (Studi Eksperimen di Kelas X SMA Negeri 1 Sindangkasih Tahun Ajaran 2019/2020) Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses sains peserta didik yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran guided inquiry dan model pembelajaran free inquiry pada materi keanekaragaman hayati (studi eksperimen di kelas X SMA Negeri 1 Sindangkasih tahun ajaran 2019/2020). Penelitain ini dilakukan pada bulan September 2018 sampai dengan bulaan Oktober 2019 di SMA Negeri 1 Sindangkasih. Metode penelitian yang digunakan adalah pre experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA SMA Negeri 1 Sindangkasih sebanyak 4 kelas yaiu kelas X IPA 1, X IPA 2, X IPA 3, dan X IPA 4 yang berjumlah 175 peserta didik. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yang diambil dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model guided inquiry dan kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model free inquiry. Untuk mengukur keterampilan proses sains peserta didik, digunakan instrumen berupa tes keterampilan proses sains berjumlah 13 butir soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan taraf signifikan (α) = 5%. Hasil penelitian menunjukkan thitung berada di daerah penolakan H0. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan proses sains peserta didik yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran guided inquiry dan model pembelajarana free inquiry pada materi keanekaragaman hayati di kelas X SMA 1 Sindangkasih. Kata Kunci: model guided inquiry, model free inquiry, keterampilan proses sains, keanekaragaman hayat

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 04 Apr 2022 02:03
Last Modified: 04 Apr 2022 02:03
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5288

Actions (login required)

View Item View Item