LESTARI, ALVYN KARINA (2019) PERBEDAAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK YANG PROSES PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DAN MODEL PEMBELAJARAN FREE INQUIRY PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI (Studi Ekperimen di Kelas X SMA Negeri 1 Sindangkasih Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover (1).pdf Download (56kB) |
|
Text
4. Abstrak.pdf Download (117kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (13kB) |
|
Text
5. Daftar Isi.pdf Download (143kB) |
|
Text
6. BAB I.pdf Download (159kB) |
|
Text
7. BAB II.pdf Download (433kB) |
|
Text
8. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
10. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
Abstract
ABSTRAK ALVYN KARINA LESTARI. 2019. Perbedaan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik yang Proses Pembelajarannya Menggunakan Model Pembelajaran Guided Inquiry dan Model Pembelajaran Free Inquiry pada Materi Keanekaragaman Hayati (Studi Eksperimen di Kelas X SMA Negeri 1 Sindangkasih Tahun Ajaran 2019/2020) Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses sains peserta didik yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran guided inquiry dan model pembelajaran free inquiry pada materi keanekaragaman hayati (studi eksperimen di kelas X SMA Negeri 1 Sindangkasih tahun ajaran 2019/2020). Penelitain ini dilakukan pada bulan September 2018 sampai dengan bulaan Oktober 2019 di SMA Negeri 1 Sindangkasih. Metode penelitian yang digunakan adalah pre experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA SMA Negeri 1 Sindangkasih sebanyak 4 kelas yaiu kelas X IPA 1, X IPA 2, X IPA 3, dan X IPA 4 yang berjumlah 175 peserta didik. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yang diambil dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model guided inquiry dan kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model free inquiry. Untuk mengukur keterampilan proses sains peserta didik, digunakan instrumen berupa tes keterampilan proses sains berjumlah 13 butir soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan taraf signifikan (α) = 5%. Hasil penelitian menunjukkan thitung berada di daerah penolakan H0. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan proses sains peserta didik yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran guided inquiry dan model pembelajarana free inquiry pada materi keanekaragaman hayati di kelas X SMA 1 Sindangkasih. Kata Kunci: model guided inquiry, model free inquiry, keterampilan proses sains, keanekaragaman hayat
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 04 Apr 2022 02:03 |
Last Modified: | 04 Apr 2022 02:03 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5288 |
Actions (login required)
View Item |