ARDIANSYAH, AYI IHSAN (2020) ANALISIS IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM PADA PEDAGANG DI PASAR GEGERNOONG GOBRAS KOTA TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
cover FIKS.pdf Download (247kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (226kB) |
|
Text
PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Ayi Ihsan Ardiansyah 2020. Analisis Implementasi Etika Bisnis Islam Pada Pedagang di Pasar Gegernoong Gobras Kota Tasikmalaya. Perdagangan selalu memegang peranan vital didalam kehidupan sosial dan ekonomi manusia. Berbicara mengenai perdagangan tentu ada tempatnya yang disebut pasar. Pasar merupakan sarana yang mendorong dan memperlancar kegiatan ekonomi masyarakat. Pada dasarnya pasar merupakan tempat bertemunya antara penjual dan pembeli sehingga keduanya melakukan akad atau transaksi dalam perdagangan. Pada umumnya pasar itu ada dua yakni pasar tradisional dan pasar modern. Pasar tradisional adalah pasar yang hanya dikategorikan untuk pada pedagang kecil menengah dan itu tanpa adanya campur tangan teknologi modern. Berbeda dengan pasar modern dimana pasar yang tergolong telah menggunakan teknologi modern dan biasanya hanya masyarakat menengah keatas. Adapun rumusan penelitian ini adalah bagaimana implementasi etika bisnis Islam pada pedagang di pasar Gegernoong Gobras Kota Tasikmalaya. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami bagaimana implementasi etika bisnis islam pada pedagang di pasar Gegernoong Gobras Kota Tasikmalaya. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun sumber data primernya adalah wawancara kepada beberapa orang pedagang yang berjualan dipasar Gegernoong Kota Tasikmalaya. Sedangkan data sekundernya adalah data yang berasal dari hasil wawancara dengan salah satu pihak pengelola pasar dan para pembeli di pasar Gegernoong Kota Tasikmalaya yang disertai dengan dokumen penujang lainnya, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi,wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data menggunakan teknik analisa data yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman dengan tahapannya: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa berbicara mengenai para pedagang, pengelola maupun para pembeli di pasar Gegernoong ternyata belum bisa menerapkan dengan sepenuhnya dan semestinya etika bisnis Islam. Untuk pedagang yang telah sesuai dengan etika bisnis Islam dalam berdagangnya harus lebih ditingkatkan dan tidak berbuat curang dalam berdagang untuk mendapatkan keuntungan. Jadi para pedagang yang ada di Pasar Gegernoong ini belum mengetahui tentang etika bisnis Islam untuk pemahaman pedagang juga masih tergolong kurang. Akan tetapi dalam melaksanakan transaksi jual beli mereka ada yang menggunakan aturan-aturan yang diatur sesuai syariat Islam. Kata Kunci: Etika Bisnis Islam
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 29 Mar 2022 01:53 |
Last Modified: | 29 Mar 2022 01:53 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5208 |
Actions (login required)
View Item |