KREATIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS APLIKASI STORYBOARDTHAT PADA MATERI POKOK PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA DI KELAS XI MIPA 5 SMA NEGERI 4 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2018/2019

ROSMIATI, NEERMA (2019) KREATIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS APLIKASI STORYBOARDTHAT PADA MATERI POKOK PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA DI KELAS XI MIPA 5 SMA NEGERI 4 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
cover.pdf

Download (10kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (371kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran sejarah menggunakan media pembelajaran E-Learning berbasis aplikasi Storyboardthat pada materi pokok proklamasi kemerdekaan Indonesia di kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 4 Tasikmalaya semester genap tahun ajaran 2018/2019. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas belajar siswa yang muncul dalam pembelajaran sejarah menggunakan media pembelajaran E-Learning berbasis aplikasi Storybordthat pada materi pokok proklamasi kemerdekaan Indonesia di kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 4 Tasikmalaya semester genap tahun ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 4 Tasikmalaya sebanyak 180 siswa yang terbagi ke dalam 5 kelas. Sampel dalam penlitian ini adalah kelas XI MIPA 5 dengan jumlah 36 siswa. Sampel ini diambil dengan Teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian ini berupa non tes (pembuatan produk), pedoman observasi, serta wawancara. Teknik analisis data diolah secara kuantitatif melalui penskoran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas belajar siswa muncul dengan menggunakan media pembelajaran E-Learning berbasis aplikasi Storyboardthat. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata kreativitas belajar siswa yang muncul menggunakan media pembelajaran E-Learning berbasis aplikasi Storyboardthat sebesar 80,89% dan termasuk ke dalam kategori baik. Maka kreativitas belajar siswa muncul dengan menggunakan media pembelajaran ELearning berbasis aplikasi Storyboardthat di kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019. Kata kunci: Media Pembelajaran, Storyboardthat, Kreativitas Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 21 Aug 2019 02:08
Last Modified: 21 Aug 2019 02:08
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/509

Actions (login required)

View Item View Item