PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM MENGELOLA PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA (Penelitian Survey Terhadap Siswa Kelas XII IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Islam Cipasung Tahun Pelajaran 2019/2020)

RAHMAWAN, OKA (2019) PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM MENGELOLA PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA (Penelitian Survey Terhadap Siswa Kelas XII IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Islam Cipasung Tahun Pelajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 JUDUL.pdf

Download (22kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN VALIDITAS.pdf

Download (6kB)
[img] Text
2 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (107kB)
[img] Text
3 KATA PENGANTAR.pdf

Download (290kB)
[img] Text
4 DAFTAR ISI terbaru.pdf

Download (191kB)
[img] Text
5 DAFTAR TABEL.pdf

Download (183kB)
[img] Text
6 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (181kB)
[img] Text
7 BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (394kB)
[img] Text
8 BAB II.pdf

Download (493kB)
[img] Text
9 BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (612kB)
[img] Text
10 BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (872kB)
[img] Text
11 BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)

Abstract

ABSTRAK Oka Rahmawan, 2019. “Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Mengelola Proses Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa (Penelitian Survey Terhadap Siswa Kelas XII IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Islam Cipasung Tahun Pelajaran 2019/2020)”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dibawah bimbingan Drs. Syamsudin Arnasik, M.Pd, dan Ati Sadiah, M.Pd. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya minat belajar siswa. Tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui apakah kreativitas guru dalam mengelola pembelajaran mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat belajar siswa. Populasi dalam penelitian seluruh kelas XII IPS di SMA Islam Cipasung yang berjumlah 142 siswa, sampel yang digunakan dalam penelitian menggunakan sampel jenuh sehingga semua populasi digunakan dalam penelitian. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan SPSS 23.0 diperoleh persamaan regresi linier sederhana regresi Y=30,262 + 0,587X. Variabel kreativitas guru (X) memiliki pengaruh positif dan signifikan secara terhadap minat belajar siswa (Y) dengan nilai thitung7,433 > ttabel1,977. Nilai determinasi (R2) kontribusi variabel kreativitas guru dalam mengelola pembelajaran terhadap prestasi belajar sebesar 28,3%. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci : Kreativitas Guru, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 14 Mar 2022 02:17
Last Modified: 14 Mar 2022 02:17
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5078

Actions (login required)

View Item View Item