DESAIN DIDAKTIS MATERI PELUANG BERBANTUAN MEDIA JAMBOARD PADA PEMBELAJARAN DARING

Hafsoh, Lilis Nur (2021) DESAIN DIDAKTIS MATERI PELUANG BERBANTUAN MEDIA JAMBOARD PADA PEMBELAJARAN DARING. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. JUDUL.pdf

Download (86kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (49kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (116kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (636kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (80kB)

Abstract

ABSTRAK LILIS NUR HAFSOH. 2021. Desain Didaktis Materi Peluang Berbantuan Media Jamboard pada Pembelajaran Daring. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi learning obstacle yang bersifat epistemological obstacle pada materi peluang, menyusun hypothetical learning trajectory, dan menghasilkan suatu desain didaktis pada materi peluang berdasarkan learning obstacle dan hypothetical learning trajectory yang diterapkan dengan media jamboard. Desain penelitian ini menggunakan Didactical Design Research (DDR) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian yaitu soal tes untuk mengidentifikasi learning obstacle, wawancara untuk menggali informasi mendalam mengenai learning obstacle dan respon subjek terhadap bahan ajar yang digunakan, dan bahan ajar untuk meminimalisasi learning obstacle yang terjadi. Penelitian dilakukan kepada peserta didik SMP ISLAM LANGEN kelas IX untuk mengidentifikasi learning obstacle, 6 peserta didik kelas VIII A untuk uji coba terbatas dan kelas VIII B untuk implementasi desain didaktis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ditemukan 3 tipe learning obstacle, yaitu: (1) kesulitan peserta didik dalam menentukan ruang sampel dan titik sampel; (2) kesulitan peserta didik dalam menentukan peluang teoritik; dan (3) kesulitan peserta didik dalam menentukan peluang empirik. Hypothetical learning trajectory pada materi peluang, yaitu: (1) menyatakan himpunan dan anggota himpunan; (2) definisi ruang sampel dan titik sampel; (3) menyebutkan ruang sampel dan titik sampel (4) mengubah gambar dalam bentuk pecahan; (5) menentukan peluang teoritik; dan (6) menentukan peluang empirik . Desain didaktis awal yang diuji cobakan secara terbatas dan desain didaktis yang digunakan dalam implementasi pembelajaran menggunakan jamboard secara konsep tidak terdapat perubahan. Setelah dilakukan implementasi, dihasilkan desain didaktis revisi dan perlu pengembangan demi perbaikan di masa yang akan datang, yang dapat mengantisipasi munculnya learning obstacle pada peserta didik. Kata kunci: Desain Didaktis, Media Jamboard, Learning Obstacle, Hypothetical Learning Trajectory

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 10 Mar 2022 07:06
Last Modified: 10 Mar 2022 07:06
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5050

Actions (login required)

View Item View Item