PUTRI, SOFANDRA KRISMADANA WIDYA (2021) HUBUNGAN METAKOGNITIF DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM RESPIRASI (Studi Korelasional di Kelas XI MIPA SMAN 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (53kB) |
|
Text
4. Abstrak.pdf Download (231kB) |
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (6kB) |
|
Text
7. Daftar Isi.pdf Download (319kB) |
|
Text
11. Bab 1.pdf Download (144kB) |
|
Text
12. Bab 2.pdf Download (400kB) |
|
Text
13. Bab 3.pdf Download (791kB) |
|
Text
14. Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (776kB) |
|
Text
15. Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (6kB) |
|
Text
16. Daftar Pustaka.pdf Download (251kB) |
Abstract
ABSTRAK SOFANDRA KRISMADANA WIDYA PUTRI, 2021. HUBUNGAN METAKOGNITIF DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM RESPIRASI (Studi Korelasional di Kelas XI MIPA SMAN 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan metakognitif dengan kemandirian belajar peserta didik pada materi sistem respirasi di kelas XI MIPA SMAN 6 Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode korelasional. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2020 sd Juni 2021 dengan populasi seluruh kelas XI MIPA SMAN 6 Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021. Sampel yang digunakan adalah kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 SMAN 6 Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah 50 peserta didik, sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa Metacognitive Awareness Inventory (MAI) dan angket kemandirian belajar. Uji hipotesis menggunakan uji korelasi bivariat. Hasil analisis data metakognitif dan kemandirian belajar memperoleh koefisien korelasi (R) sebesar 0,575 dan koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,331 yang artinya variabel metakognitif memberikan kontribusi sebesar 33,1 % terhadap kemandirian belajar, sedangkan sisanya sebesar 66,9% merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Variabel lain tersebut tersebut dapat berupa motivasi, fasilitas belajar, minat, kecerdasan dan lain-lain. Dari hasil penelitiaan dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara metakognitif dengan kemandirian belajar pada materi sistem respirasi di kelas XI MIPA SMAN 6 Tasikmalaya. Kata kunci : Metakognitif, Kemandirian Belajar, dan Sistem Respirasi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 10 Mar 2022 04:54 |
Last Modified: | 10 Mar 2022 04:54 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5044 |
Actions (login required)
View Item |