HUBUNGAN METAKOGNITIF DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM RESPIRASI (Studi Korelasional di Kelas XI MIPA SMAN 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

PUTRI, SOFANDRA KRISMADANA WIDYA (2021) HUBUNGAN METAKOGNITIF DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM RESPIRASI (Studi Korelasional di Kelas XI MIPA SMAN 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (53kB)
[img] Text
4. Abstrak.pdf

Download (231kB)
[img] Text
2. Pengesahan.pdf

Download (6kB)
[img] Text
7. Daftar Isi.pdf

Download (319kB)
[img] Text
11. Bab 1.pdf

Download (144kB)
[img] Text
12. Bab 2.pdf

Download (400kB)
[img] Text
13. Bab 3.pdf

Download (791kB)
[img] Text
14. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (776kB)
[img] Text
15. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img] Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (251kB)

Abstract

ABSTRAK SOFANDRA KRISMADANA WIDYA PUTRI, 2021. HUBUNGAN METAKOGNITIF DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM RESPIRASI (Studi Korelasional di Kelas XI MIPA SMAN 6 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan metakognitif dengan kemandirian belajar peserta didik pada materi sistem respirasi di kelas XI MIPA SMAN 6 Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode korelasional. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2020 sd Juni 2021 dengan populasi seluruh kelas XI MIPA SMAN 6 Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021. Sampel yang digunakan adalah kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 SMAN 6 Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah 50 peserta didik, sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa Metacognitive Awareness Inventory (MAI) dan angket kemandirian belajar. Uji hipotesis menggunakan uji korelasi bivariat. Hasil analisis data metakognitif dan kemandirian belajar memperoleh koefisien korelasi (R) sebesar 0,575 dan koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,331 yang artinya variabel metakognitif memberikan kontribusi sebesar 33,1 % terhadap kemandirian belajar, sedangkan sisanya sebesar 66,9% merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Variabel lain tersebut tersebut dapat berupa motivasi, fasilitas belajar, minat, kecerdasan dan lain-lain. Dari hasil penelitiaan dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara metakognitif dengan kemandirian belajar pada materi sistem respirasi di kelas XI MIPA SMAN 6 Tasikmalaya. Kata kunci : Metakognitif, Kemandirian Belajar, dan Sistem Respirasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 10 Mar 2022 04:54
Last Modified: 10 Mar 2022 04:54
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5044

Actions (login required)

View Item View Item