KORELASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA MICROSOFT TEAMS DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional Kelas X MIPA SMAN 1 Sumber Tahun Ajaran 2020/2021)

DESKHI, CINDHY MARISA (2021) KORELASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA MICROSOFT TEAMS DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional Kelas X MIPA SMAN 1 Sumber Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (80kB)
[img] Text
4. Abstrak.pdf

Download (32kB)
[img] Text
2. Pengesahan.pdf

Download (60kB)
[img] Text
7. Daftar Isi.pdf

Download (27kB)
[img] Text
11. Bab I.pdf

Download (112kB)
[img] Text
12. Bab II.pdf

Download (188kB)
[img] Text
13. Bab III.pdf

Download (415kB)
[img] Text
14. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] Text
15. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (166kB)

Abstract

ABSTRAK CINDHY MARISA DESKHI, 2021. KORELASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA MICROSOFT TEAMS DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional kelas X MIPA SMA Negeri 1 Sumber, Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Wabah Covid-19 yang telah melanda Indonesia sejak awal bulan Maret 2020 membuat pemerintah melarang sekolah melakukan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka, dengan adanya himbauan tersebut maka kegiatan pembelajaran pun dilakukan secara daring dibantu dengan berbagai macam media pembelajaran salah satunya yang digunakan oleh SMAN 1 Sumber yaitu Microsoft teams. Dengan adanya penggunaan Microsoft teams dalam kegiatan pembelajaran di SMAN 1 Sumber maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara penggunaan Microsoft teams dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi dikelas X MIPA SMAN 1 Sumber. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari hingga Juli 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan populasi yaitu seluruh kelas X MIPA. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, yaitu kelas X MIPA 2 dan X MIPA 4. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner (nontest) yang sudah di validasi berjumlah 28 soal dan soal PAS semester 1 (test) berjumlah 34 soal, teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi korelasi bivariat yaitu dengan uji korelasi pearson. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara penggunaan Microsoft teams dengan hasil belajar peserta didik yaitu nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,446 yang termasuk kedalam kategori korelasi sedang, selain itu didapat juga nilai koefesien determinasi (R2 ) sebesar 0,199. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel penggunaan media pembelajaran Microsoft teams memberikan kontribusi sebesar 19,9% sedangkan sisanya 80,1% merupakan variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Microsoft Teams; Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 10 Mar 2022 04:54
Last Modified: 10 Mar 2022 04:54
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/5043

Actions (login required)

View Item View Item