PERAN DAN FUNGSI LEMBAGA TATANIAGA DALAM PEMASARAN AYAM SENTUL PADA KELOMPOK TANI GEMAH RIPAH

Fariz, Dian (2018) PERAN DAN FUNGSI LEMBAGA TATANIAGA DALAM PEMASARAN AYAM SENTUL PADA KELOMPOK TANI GEMAH RIPAH. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (77kB)
[img] Text
2. PERNYATAAN.pdf

Download (6kB)
[img] Text
3 ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[img] Text
4. ABSTRAC.pdf

Download (287kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (361kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (340kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (245kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (178kB)
[img] Text
11. PENDAHULUAN.pdf

Download (298kB)
[img] Text
12. TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (506kB)
[img] Text
13. METODE PENELITIAN.pdf

Download (571kB)
[img] Text
14. HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (889kB)
[img] Text
15. SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf

Download (600kB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan di Kelompok Tani Gemah Ripah Desa Sukajadi Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pola dan saluran pemasaran, peran dan fungsi lembaga tataniaga, menghitung besar margin pemasaran, farmer’s share, bagian biaya, dan keuntungan pemasaran. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus. Data yang diperoleh melalui teknik wawancara kepada para pelaku pemasaran (peternak, kelompok tani gemah ripah, pedagang pengecer dan pedagang besar). Hasil Penelitian menunjukan terdapat pola saluran satu tingkat yang terdiri dari saluran I, pola saluran dua tingkat terdiri dari pola saluran II, III, IV dan saluran V. Peran Lembaga tataniaga yang memiliki peranan penting adalah Kelompok Tani Gemah Ripah karena mampu membeli semua ayam sentul dari peternak (100%). Fungsi yang dilakukan lembaga pemasaran ayam sentul fungsi pertukaran yaitu penjualan dan pembelian. Fungsi fisik terdiri dari penyimpanan, pengangkutan, pengolahan. Fungsi fasilitas yaitu pembiayaan, standarisasi dan informasi pasar. Margin pemasaran saluran I sebesar (Rp. 15.000/kg), saluran II (Rp. 6.000/kg), saluran III (Rp. 17.000/kg), saluran IV dan saluran V (Rp. 13.000/kg). Farmer’s share terbesar saluran II (84,21%), Bagian Biaya dan Keuntungan terbesar pada saluran IV (33,07%) dan saluran V (92,30%). Kata Kunci : Ayam Sentul, Saluran Pemasaran, Fungsi Pemasaran, Margin Pemasaran, Farmer’s share

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 26 Jul 2019 06:56
Last Modified: 13 Aug 2019 04:12
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/50

Actions (login required)

View Item View Item